Anies & Kang Emil Cs Serahkan 'Tanah Air' ke Jokowi di IKN

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 March 2022 09:25
Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022 (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 34 gubernur dari seluruh provinsi Indonesia secara serentak menyerahkan tanah dan air dari wilayahnya masing-masing di titik nol lokasi Ibu Kota Nusantara.

Berdasarkan pemantauan melalui live streaming Youtube Sekretariat Presiden, para gubernur silih berganti menyerahkan tanah dan air kepada Jokowi. Tanah dan air itu dimasukkan ke dalam gentong.


Jajaran gubernur yang hadir dan menyerahkan air dan tanah kepada Jokowi antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat bahkan membawa air dan tanah yang disebut sudah melalui proses adat, yang dihadiri tokoh adat NTT melalui ritual flobamora.

Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022 (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)Foto: Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022 (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022 (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Prosesi penggabungan tanah dan air ke dalam gentong ini merupakan sebuah ritual bernama Kendi Nusantara. Prosesi ini mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.


Para gubernur sendiri sebelumnya diinstruksikan untuk mengenakan pakaian adat masing-masing. Namun, mereka hanya terlihat menggunakan pakaian dinas.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sebelumnya telah angkat bicara perihal hal ini.

""Kenapa tanah dan air? Tentunya adalah kita adalah negara Nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua dan kearifan lokal itu berbeda-beda, dituangkan di dalam sebuah simbolis tanah dan simbolis air dijadikan satu menjadi kalimat Tanah Air," kata Heru.

"Kira-kira seperti itu. Para gubernur sudah melakukan prosesi itu di masing-masing tempatnya dan puncaknya nanti besok bersama Bapak Presiden," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Beri 'Green Light', Simak Timeline Pembangunan IKN!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading