Mulai Hari Ini Naik Kereta Bebas Syarat PCR & Antigen! Tapi..

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 March 2022 10:39
Suasana penumpang di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta, Selasa,( 8/3./2022). DKI Jakarta kembali menerapkan PPKM level 2. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelanggan kereta api jarak jauh tidak lagi wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau RT-PCR saat keberangkatan. Aturan ini resmi berlaku pada hari ini, Rabu (9/3/2022).

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Maret 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan untuk bebas dari syarat menunjukkan wajib antigen dan RT-PCR, tapi kebijakan ini hanya untuk pelanggan yang telah divaksin minimal dosis kedua.


Sementara bagi pelanggan yang masih mendapatkan vaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen maksimal 1x24 jam atau RT - PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan. Begitu juga bagi pelanggan yang belum bisa divaksin dengan alasan medis, namun ditambah pelampiran surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.

Sementara untuk pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun syaratnya adalah didampingi orang tua dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"KAI senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api," kata Joni, dalam keterangan, Rabu (9/3/2022).

Adapun untuk kapasitas angkut kereta api jarak jauh sudah diperbolehkan maksimum 100%, meski demikian menurut Joni, pelanggan harus tetap wajib memenuhi protokol kesehatan secara disiplin.

Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mulai Hari Ini, Naik Kereta Jarak Jauh Cukup Pakai Antigen


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading