Kemenkes Susun Road Map Menuju Endemi Covid-19, Bebas Masker?

News - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
08 March 2022 18:30
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, memberikan keterangan pers mengenai perkembangan terkini terkait vaksin COVID-19 dari AstraZeneca. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah sedang menyusun roadmap untuk menuju situasi endemi Covid-19. Menurut Jubir Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia, sebelum endemi tercapai, ada dua fase yang harus dilalui yaitu fase pengendalian pandemi dan fase pra endemi.

Dalam masa pengendalian ini ada indikator yang harus ditetapkan dan masih saat ini masih dibahas dengan para ahli untuk bisa memastikan Indonesia pada trek yang benar untuk mencapai kondisi endemi.

Beberapa hal yang sudah menjadi pertimbangan termasuk transmisi komunitas yang sudah ada pada level 2, kemudian cakupan vaksinasi minimal 70 persen. Ada juga indikator seperti testing tracing sesuai dengan standar yang ada.


"Dan yang pasti adalah laju penularan atau yang kita ukur dengan reproduction rate itu kurang dari 1 dalam kurun waktu tertentu," ujar Siti saat konferensi pers virtual, Selasa (8/3/2022).

Selama menuju situasi tersebut beberapa pelonggaran aktivitas masyarakat dilakukan. Namun pelonggaran tidak dilakukan secara bersamaan.

Artinya pelonggaran aktivitas masyarakat ini yang dikendorkan terlebih dahulu, disesuaikan dengan level pada provinsi dan kabupaten/kota masing-masing.

"Terkait penggunaan masker kita lihat ya seperti apa, terutama kita tidak akan melakukan pelonggaran secara bersamaan," kata.

Pelonggaran protokol kesehatan juga akan dinilai sesuai dengan dengan keadaan tren. Pada prinsipnya yang dicari adalah titik keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan kepentingan non kesehatan.

"Karena ini harus sinergis keduanya." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dokumen Ini Tunjukkan Akhir dari Covid-19 RI Menjadi Endemik


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading