Internasional

Panas Perang di Ukraina, Korsel-Jepang Larang Warga ke Rusia

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
07 March 2022 15:05
Dekorasi untuk perayaan Natal dan Tahun Baru di Moskow, Rusia. (AP/Alexander Zemlianichenko) Foto: Suasana Moskow, Rusia, beberapa waktu lalu (AP/Alexander Zemlianichenko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jepang dan Korea Selatan (Korsel) pada, Minggu (6/3/2022), memberikan peringatan terbaru untuk warga yang ingin berpergian ke Rusia. Ini terkait dengan serangan Rusia ke Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Jepang menaikkan travel advisory-nya bagi Rusia dari level 3 ke level 4. Setiap warga Jepang yang berada di Rusia juga diminta untuk pergi dari negara itu segera karena khawatir semakin tidak ada penerbangan untuk meninggalkan negara itu.

"Warga negara Jepang harus mempertimbangkan untuk meninggalkan negara itu dengan penerbangan komersial, mengingat bahwa cara untuk meninggalkan negara itu akan semakin dibatasi di masa depan," kata pernyataan itu dikutip CNN International.

"Keputusan itu diambil setelah badan transportasi udara Rusia merekomendasikan maskapai domestik untuk sementara menangguhkan penerbangan penumpang ke luar negeri."

Sementara itu, pemerintah Korsel juga menetapkan larangan kunjungan bagi warga yang berencana mengunjungi wilayah-wilayah yang berada di sekitar perbatasan Ukraina dengan Rusia dan Belarus.

"Warga Korsel yang bepergian ke negara atau wilayah di bawah peringatan Level 4 dapat dihukum berdasarkan undang-undang terkait," tambah pernyataan itu.

Korsel dan Jepang sendiri sejauh ini juga ikut menjatuhkan sanksi terhadap Rusia akibat keputusan serangan di Ukraina. Seoul mengatakan mereka sudah melarang impor beberapa alat-alat strategis dari negara itu, sementara Tokyo juga sudah menutup keran ekspor kendaraan ke Rusia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapal Perang AS Tiba-tiba Muncul di Laut Asia, "Hajar" Korut?


(tps/tps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading