Internasional

Pertama Kalinya Negara Asia Ini Diundang Rapat NATO, Gabung?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 June 2022 07:55
FILE - Flags of NATO member countries flap in the wind outside NATO headquarters in Brussels, Feb. 22, 2022. As Western leaders congratulate themselves for their speedy and severe responses to Russia’s invasion of Ukraine, they’re also scratching their heads with uncertainty about what their actions will accomplish.  (AP Photo/Olivier Matthys, File) Foto: AP/Olivier Matthys

Jakarta, CNBC Indonesia - Jepang dan Korea Selatan (Korsel) menjadi dua negara Asia yang mendapat undangan khusus untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mulai 28 hingga 30 Juni 2022 di Madrid, Spanyol.

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan ia akan menghadiri langsung agenda tersebut.. Ini merupakan pertama kalinya pemimpin negara itu hadir.

"Sebagai satu-satunya negara Asia di G7, kemampuan diplomatik Jepang sedang diuji," kata Kishida seperti dilansir  AFP, dikutip Jumat (17/6/2022).

"Kehadiran di KTT NATO akan menjadi pertama kalinya bagi perdana menteri Jepang", tegasnya lagi seraya menambahkan bahwa ia bermaksud menyoroti masalah keamanan di Eropa dan Asia.

Jepang memang dilaporkan dekat dengan Amerika Serikat (AS), pemimpin NATO. Negeri Sakura itu bahkan sempat menjadi tuan rumah KTT Quad, aliansi AS di Asia Pasifik, bersama India dan Australia.

Jepang yang bukan angora NATO juga telah mengirimkan pasokan pertahanan ke Ukraina untuk melawan serangan Rusia. Negeri Matahari Terbit juga memberlakukan sanksi keras terhadap Moskow bersama dengan negara-negara G7 lainnya.

Sementara Korsel, juga telah mengumumkan kehadiran Presiden Yoon Suk Yeol sejak pekan lalu. Presiden yang baru menjabat tersebut juga akan menjadi pemimpin pertama dari Korsel yang akan datang ke forum NATO.

"Yoon dijadwalkan menghadiri rapat 29 hingga 30 Juni di itu kota Spanyol, Madrid," tulis NHK, mengutip kantor kepresidenan Gedung Biru.

"Yoon akan menjadi presiden Korsel pertama yang menghadiri rapat. Kantor presiden mengatakan Yoon berharap akan tercipta pembicaraan bilateral dengan banyak pemimpin negara di sela-sela KTT."

Korsel sendiri merupakan negara Asia pertama yang bergabung dengan grup pertahanan sibernya NATO, Cooperative Cyber Defense Center of Excellence (CCDCOE) yang berbasis di Tallinn, Estonia.

Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS) mengumumkannya 5 Mei lalu. Dari 32 anggota, sebanyak 27 negara adalah anggota NATO.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

3 Kapal NATO Latihan Perang di Finlandia


(tfa/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading