Janji-Janji UE ke Warga Ukraina, Pengungsian Hingga Pekerjaan

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
03 March 2022 21:40
uni eropa

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen menegaskan kembali dukungan Uni Eropa untuk keanggotaan Ukraina. Von Der Leyen mengatakan tidak ada keraguan bahwa orang-orang pemberani yang mempertahankan nilai-nilai UE dalam hidup mereka termasuk dalam keluarga Eropa.

"Uni Eropa dapat memberi pengungsi Ukraina perlindungan, tempat tinggal, akses ke pekerjaan dan perumahan," ujarnya dikutip dari CNN International, Kamis (3/3/2022).

Setidaknya satu juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina dalam seminggu sejak serangan Rusia dimulai. Dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis, Von Der Leyen mengumumkan pembentukan "Pusat Perlindungan Sipil untuk Ukraina" yang berbasis di Rumania untuk membantu kebutuhan kemanusiaan.

Dia juga berbicara kepada antrean panjang orang-orang di perbatasan Polandia dengan mengatakan UE "telah mengeluarkan pedoman untuk manajemen perbatasan."

"Hal ini dilakukan untuk menyederhanakan formalitas di perbatasan dan dengan demikian memungkinkan orang mendapatkan tempat berlindung lebih cepat," jelas dia.

Von Der Leyen memberikan dukungan kemanusiaan untuk menghadapi konsekuensi perang. UE akan menggelontorkan setidaknya 500 juta euro dari anggaran UE untuk bantuan kemanusiaan.

"Karena kita perlu bersiap untuk konsekuensi yang menghancurkan dari perang yang mengerikan ini," pungkasnya seraya mengatakan jumlah itu masih bisa bertambah.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pemimpin Uni Eropa Datang Langsung ke Kyiv, Ada Apa?


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading