RI Mau Hidup Normal Bareng Covid-19? Nih Syaratnya!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
28 February 2022 13:55
Goodbye Pandemi! 9 Negara ini menyatakan 'Berdamai' dengan Omicron

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi covid-19 akan didorong untuk segera menjadi endemi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan tengah menyiapkan sederet kebijakannya.

Menurutnya, peta jalan untuk normalisasi aktivitas masyarakat akan diterapkan agar kasus Covid-19 hingga tingkat kematian bisa tetap berada di level rendah. Diantaranya dengan memperluas vaksinasi baik dosis lengkap hingga booster.


Selain itu, pemerintah juga akan meningkatkan kegiatan testing dan tracing hingga jaminan akan fasilitas respon kesehatan yang lebih mumpuni dari saat ini. Namun, ia menekankan bahwa proses ini membutuhkan waktu.

"Semua kebijakan dalam proses transisi yang akan kita lalui bersama tentunya tidak dapat dilakukan secara terburu-buru dan hanya mengikuti trend yang ada," jelasnya.

Lanjutnya, untuk mengubah kondisi menjadi endemi atau hidup berdampingan dengan virus, tentu memerlukan cara pandang hidup dan kondisi yang baru. Cara pandang ini yang akan membawa Indonesia mendekati situasi yang normal.

Hal ini lah yang terus dipersiapkan oleh pemerintah sehingga masyarakat tidak kaget saat perubahan situasi terjadi. Sosialisasi dan edukasi menjadi sangat penting.

"Semua upaya yang ada perlu disertai edukasi yang mumpuni agar berdampingan bersama Covid-19 nantinya bukan hanya slogan saja," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Begini Skenario Pandemi Covid-19 Berakhir Seperti Flu Biasa


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading