Erick Thohir Hingga Indra Lesmana: Selamat Jalan Pak Arifin

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
28 February 2022 09:25
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah tokoh bangsa dari berbagai elemen di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/9/2019).  (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara) Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah tokoh bangsa dari berbagai elemen di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/9/2019). (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar wafatnya PT Medco Energi Internasional Tbk. Arifin Panigoro mendapat berbagai reaksi dari pejabat dan tokoh masyarakat. Salah satunya, reaksi diberikan Menteri BUMN Erick Thohir.

Melalui akun Twitter pribadinya, Erick Thohir mengucapkan salam perpisahan kepada Arifin Panigoro yang meninggal dunia pada Senin (28/2/2022) atau Minggu (27/2) waktu AS. Arifin Panigoro wafat di Negeri Paman Sam setelah mendapat perawatan intensif.

"Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun. Selamat jalan Pak Arifin Panigoro" kata Erick dikutip dari akun Twitternya.

Ucapan duka juga disampaikan musisi senior Indra Lesmana. Komposer ini mengaku sangat berduka atas kabar wafatnya Arifin Panigoro.

Indra berkata Indonesia kehilangan Maesenas sejati atas meninggalnya Arifin Panigoro. Menurutnya, Arifin Panigoro selama ini sudah banyak mendukung dan melindungi para seniman.

"Indonesia telah kehilangan Maesenas sejati yang telah mendukung dan melindungi begitu banyak seniman dan kehidupan pendidikan, seni dan budaya Indonesia. Selamat jalan om AP, Terima Kasih atas segala kebaikan dan perhatian yg luar biasa. May you now rest in love," tulis Indra dalam akun Instagramnya.

Ketua Fraksi PKS di DPR RI Jazuli Juwaini juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas kabar duka ini. Melalui akun twitternya, Jazuli menyampaikan doa agar Arifin Panigoro mendapat tempat terbaik di sisiNya.

"Semoga Almarhum husnul khotimah," tulis Jazuli.

Ucapan lain disampaikan Medco Energi Internasional, perusahaan yang didirikan dan dimiliki Arifin Panigoro. Dalam keterangan resminya, Direktur Utama Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro meminta agar maaf diberikan untuk Arifin Panigoro jika selama beraktivitas melakukan khilaf.

"Kami keluarga besar Bapak Arifin Panigoro dan Medco Group berterima kasih atas bantuan dari semua pihak dan pekerja atas dukungan dan doa selama beliau dirawat. Mohon dimaafkan apabila ada kekhilafan selama beliau beraktivitas selama ini," kata Hilmi.

Sebagai informasi, selama memimpin Medco Energi Internasional, Arifin membuktikan bahwa pengusaha Indonesia bisa memiliki dan mengelola perusahaan minyak bumi dengan kualitas yang tak kalah dibanding korporasi asing.

Keberhasilan Arifin membangun Medco Energi pada 1980 silam diikuti langkahnya mengakuisisi berbagai blok migas internasional di Indonesia.

Pada 1994 silam, Arifin membawa perusahaan yang didirikan melantai di Bursa. Kehebatannya mengelola Medco Energi membuat banyak orang menjuluki Arifin sebagai 'Raja Minyak dari Gorontalo'.

Di bawah pimpinan Arifin, Medco Energi juga berhasil mengakuisisi perusahaan tambang Newmont dan blok migas di Natuna dari ConocoPhillips pada 2016 silam.

Selain dikenal sebagai pebisnis ulung, pria kelahiran 14 Maret 1945 ini juga sempat menjadi anggota PDI Perjuangan pada kurun 1999 - 2005. Arifiin sempat menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI pada 2022 - 2003. Setelahnya, Arifin dan beberapa temannya mendirikan partai sendiri bernama Partai Demokrasi Pembaruan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Duka: Arifin Panigoro Meninggal Dunia


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading