Arifin Panigoro dan Kerajaan Migas yang Mendunia

News - Dityasa Hanin Forddanta & Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
28 February 2022 09:35
Arifin Panigoro (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta,CNBC Indonesia - Indonesia kembali kehilangan tokoh sekaligus pengusaha nasional, Arifin Panigoro. Ia merupakan  pemilik perusahaan minyak dan gas PT Medco Energi Internasional Tbk, yang meninggal dunia di usia 76 tahun, Senin (28/2/2022).

Kabar ini disampaikan langsung olehMeaPanigoro, putri almarhumArifinPanigoro, dan dikonfirmasi langsung Kristy,Humas Medco Power. Arifin Panigoro meninggal dunia pada pukul 14.45, 27 Februari waktu setempat atau 03.45 WIB di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS).


"Betul. Kami amat sangat kehilangan beliau," kata Kristy kepada CNBC Indonesia, Senin (28/2/2022).

Arifin Panigoro lahir di Bandung pada 14 Maret 1945, hanya selang beberapa bulan sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Kelak, ia menjadi mahasiswa di Intitut Teknologi Bandung (ITB).

Dahulu Pipin, begitu ia akrab disapa, adalah seorang kontraktor instalasi listrik door-to-door. Hal ini dia lakukan guna menopang hidup keluarga dengan 10 orang anak.

Ilmu instalasi listrik tentulah ia dapatkan sewaktu menjadi mahasiswa di Juruasan Elektro, institut bonafit di kota kembang itu. Kemudian, Pipin melanjutkan pendidikan sebagai Senior Excecutive Programme di Institute of Business Administration, Fontainebleau, Perancis pada tahun 1979.

Sosok yang dikenal dekat dengan Jokowi ini memiliki concern tinggi terhadap persoalan kesehatan. Di antaranya upaya memberantas penyakit TBC di Indonesia.

Pipin juga meraih penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden RI pada 2019 silam. Penghargaan tersebut diterima Arifin karena dinilai berjasa bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara selama ia hidup.

Halaman 2>>>

Mulai Bisnis dari Nol Hingga Kini Bernilai Rp 15 triliun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading