PT Smelting Tambah Investasi Rp3,2 Triliun

News - Damiana Cut Emeria, CNBC Indonesia
19 February 2022 14:15
Groundbreaking perluasan smelter tembaga PT Smelting di Gresik, Jawa Timur. Doc PT Smelting.

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan smelter tembaga, PT Smelting mulai merealisasikan penambahan investasi Rp3,2 triliun. Yang ditujukan untuk menambah kapasitas produksi smelter tembaga hingga 30%.

Dengan penambahan investasi ini, kapasitas produksi PT Smelting naik dari 300 ribu ton menjadi 324 ribu ton katoda tembaga per tahun. Diketahui, mayoritas saham PT Smelting dimiliki oleh Mitsubishi Materials Corporation (MMC) Jepang. Dan, sebagian lagi oleh PT Freeport Indonesia (PTFI).

Peletakan batu pertama menandai perluasan pabrik, dilakukan langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang di Gresik, Jawa Timur, Sabtu, 19 Februari 2022.


Pembangunan perluasan pabrik ini membutuhkan waktu dua tahun. Ditargetkan, selesai sebelum akhir Desember 2023," kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Komersial Irjuniawan P Radjamin PT Smelting dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/2/2022).

Groundbreaking perluasan smelter tembaga PT Smelting di Gresik, Jawa Timur. Doc PT Smelting.Foto: Groundbreaking perluasan smelter tembaga PT Smelting di Gresik, Jawa Timur. Doc PT Smelting.
Groundbreaking perluasan smelter tembaga PT Smelting di Gresik, Jawa Timur. Doc PT Smelting.

Dijelaskan, selama ini, PT Smelting mengolah konsentrat tembaga hasil tambang PT Freeport Indonesia di Papua. PT Smelting sendiri mempunyai 3 pabrik, yaitu pabrik peleburan (smelter), pemurnian (refinery), dan pabrik asam sulfat.

"Ekspansi kali ini untuk menambah pabrik asam sulfat baru. Juga menaikkan kapasitas beberapa peralatan di smelter dan menambah jumlah sel elektrolisa di refinery," katanya.

Dengan pembangunan pabrik baru ini, lanjutnya, PT Smelting mampu mengolah 1,3 juta ton konsentrat tembaga per tahun, naik dari sebelumnya 1 juta ton.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi: Tembaga RI Terbesar di Dunia, Banyak yang Nggak Tahu!


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading