Ribuan Ton Gula Impor Masuk RI, Harga Langsung Turun?

News - Damiana Cut Emeria, CNBC Indonesia
16 February 2022 15:55
Petugas gudang gula sugar (konsumsi) mendata pasokan gula yang akan dikirim ke berbagai daerah ke seluruh Indonesia di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (23/11/2020). Dalam sehari bisa mengirim 250 ton gula sugar dengan kapasitas 10 truk angkut. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 

Pemerintah dan dunia usaha masih menghitung angka pasti stok nasional pada akhir 2020 yang menjadi dasar penentuan rencana pemenuhan kebutuhan gula pada 2021. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Umum Ikatan Ahli Gula (Ikagi) Aris Toharisman mengatakan, realisasi impor gula oleh Holding Perkebunan PTPN III sudah mulai terlaksana. Dijadwalkan gula kristal putih (GKP) impor siap konsumsi akan bertahap masuk hingga Maret 2022.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, komoditas yang alami peningkatan impor terbesar kedua di Januari 2022 adalah gula dan kembang gula atau HS-17 yang meningkat US$96,1 juta.

Aris mengatakan, lonjakan itu bisa saja akibat mulai masuknya realisasi impor gula.


"Alokasi untuk PTPN Holding itu 150 ribu ton GKP dan 100 ribu ton raw sugar (gula mentah). Yang GKP Maret selesai, yang raw sugar kemungkinan selesai Mei," kata Aris yang juga CEO Sinergi Gula Nusantara kepada CNBC Indonesia, Selasa (15/2/2022).

Menurut Aris, pada 28 Februari, sebanyak 25 ribu ton raw sugar akan tiba di pelabuhan Belawan, Medan. Sebelumnya, pada 9 Februari 2022, sebanyak 22 ribu ton GKP sudah masuk melalui pelabuhan Belawan. Itu dari total 46 ribu ton rencana pemasukan lewat pelabuhan Belawan.

"Sisa 24 ribu ton sisanya menyusul minggu depan," kata Aris.

Impor GKP dari total kuota PTPN III Holding Perkebunan akan terus masuk bertahap pada Maret 2022.

"Total alokasi untuk Holding 250 ribu ton. Yang lain akan masuk terbagi ke beberapa pelabuhan, Tanjung Priok dan Makassar. Itu hanya pelabuhannya saja, nantinya akan dilepas ke wilayah Sumatera dan Indonesia Timur. Untuk seluruh Indonesia," jelasnya.

Soal harga, kata dia, di pasar masih terpantau tinggi, berkisar 17,9 sen dolar AS per pon.

Gula kristal mentah (raw sugar)  impor (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: Gula kristal mentah (raw sugar) impor (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Gula kristal mentah (raw sugar) impor (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

"Harga (gula konsumsi di pasar domestik) masih akan bertahan di angka sekarang, kemudian turun ke bawah Rp13.000 per kg, mungkin di kisaran Maret bisa," kata Aris.

Sekretaris Eksekutif AGI Dwi Purnomo Putranto menambahkan, impor raw sugar dialokasikan untuk diolah kembali menjadi GKP di dalam negeri.

"Ada izin impor white sugar (GKP) 150 ribu ton yang mestinya bisa segera masuk dan siap dipasarkan," kata Dwi.

Situs hargapangan.id mencatat, rata-rata nasional harga gula pasir tanggal 16 Februari 2022 turun menjadi Rp15.550 per kg gula premium. Sementara harga gula pasir lokal masih bertengger di Rp14.200 per kg.

Di Jakarta, harga rata-rata gula pasir juga turun menjadi Rp13.957 per kg pada Selasa, 16 Ffebruari 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-Siap RI Bakal Diserbu Gula Impor, Bahaya?


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading