Elon Musk Yakin SpaceX Starship Barunya Mencapai Orbit Tahun

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
13 February 2022 22:00
Infografis, Mahkota Bezos Hilang, 10 Crazy Rich Terbaru Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO SpaceX Elon Musk pada Kamis (10/2/2022) mengatakan dirinya sangat optimistis SpaceX yang dirancang untuk perjalanan ke bulan dan Mars akan mencapai orbit Bumi pertama kalinya pada tahun ini.

Pendiri dan CEO sekaligus miliarder dari SpaceX mengundang banyak media berita dan pendukung di fasilitas 'Starbase', perusahaannya di Boca Chica, Texas, untuk presentasi yang menggabungkan reli semangat berteknologi tinggi dengan video layar lebar dan kesempatan tanya jawab langsung.

Itu terjadi sembilan bulan setelah usaha luar angkasa swasta yang berbasis di California itu mencapai peluncuran dan pendaratan roket prototipe Starship pertama. Kesuksesan penerbangan uji coba tersebut terjadi setelah empat upaya pendaratan sebelumnya yang berakhir dengan ledakan.



SpaceX telah melakukan penerbangan luar angkasa yang penumpangnya adalah para turis. Hal ini menjadikannya sebagai pendatang baru yang menarik dalam industri kedirgantaraan Amerika Serikat (AS).

Seperti yang ditunjukkan NASA pada pertengahan abad ke-20, pergi tamasya singkat ke luar angkasa untuk mendapatkan pesawat ruang angkasa sampai ke bulan tidaklah mudah.

Kendati demikian sampai hari ini, tidak ada manusia yang pernah melakukan perjalanan sejauh Mars. Untuk semua pencapaian Musk dan SpaceX, jalan masih panjang.

Sementara itu, untuk semua yang telah dicapai Musk, ia juga telah melewati targetnya pada proyek-proyek yang dinilai cukup ambisius.

Musk mengakui kesulitan yang dihadapi SpaceX dalam mengembangkan mesin 'Raptor 2' untuk roket Super Heavy-nya, pendorong peluncuran generasi berikutnya yang dapat digunakan kembali yang dirancang untuk membawa pesawat luar angkasa Starship ke orbit.




Dia menyebutkan masalah dengan melelehnya di dalam ruang pendorong mesin dari panas yang hebat.

Tapi dia berkata, "Kami sangat dekat untuk menyelesaikannya," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/2/2022).

Musk berharap bisa meningkatkan produksi menjadi sekitar tujuh atau delapan mesin seminggu pada bulan depan dan menghasilkan Starship baru dan booster setiap bulan pada akhir tahun.

"Saya merasa pada titik ini sangat yakin bahwa kita akan mengorbit (dengan Starship) tahun ini," kata Musk lagi, yang juga mengepalai pembuat mobil listrik Tesla.

Kerangka waktu seperti itu akan menandai prestasi ambisius, bahkan untuk uji terbang orbital tanpa awak dari kombo Super Heavy/Starship, langkah selanjutnya dari roket Falcon 9 SpaceX saat ini, yang menurut Musk telah menerbangkan 144 peluncuran yang sukses dan 106 pendaratan kembali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Cuan! Penjualan Tesla Pecah Rekor


(dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading