Gara-gara Indonesia, Harga Sembako Dunia Meroket!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 February 2022 16:00
Pekerja menuang minyak curah milik Tah Lan di pasar Pondok Labu, Jakarta, Rabu, 26/1. Setelah seminggu diberlakukannya kebijakan satu harga, yakni minyak goreng berbanderol Rp 14 ribu per liter, ternyata penyesuaian harga tersebut belum terjadi di pasar tradisional. Satu di antaranya Pasar Jaya Pondok Labu, Jakarta.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, Rabu (26/1/2022), harga minyak curah di Pasar Jaya Pondok Labu masih dipatok harga Rp 21 ribu per liternya dan minyak kemasan seharga Rp 20.000 per liter. 

Tah Lan, seorang pedagang warung sembako di Pasar Pondok Labu ini menilai kebijakan pemerintah dengan memberikan subsidi harga minyak sudah bagus.

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia mengalami kenaikan harga pangan yang signifikan akhir-akhir ini. Namun fenomena itu tidak unik di Indonesia, dunia pun mengalaminya.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terjadi inflasi 0,56% pada Januari 2022 dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Sedikit lebih tinggi dibandingkan konsensus pasar yang dihimpun CNBC Indonesia yakni 0,54%.

Sementara dibandingkan Januari 2021 (year-on-year/yoy), laju inflasi tercatat 2,18%. Ini adalah yang tertinggi sejak Mei 2020.


Di antara seluruh kelompok pengeluaran, adalah makanan, minuman, dan tembakau yang mengalami inflasi tertinggi. Secara bulanan, inflasi kelompok ini adalah 1,17% dan secara tahunan mencapai 3,45%.

"Komoditas yang memberikan andil inflasi tertinggi adalah daging ayam ras sebesar 0,07%. Diikuti ikan segar 0,06% dan beras 0,03%," kata Margo Yuwono, Kepala BPS.

Halaman Selanjutnya --> Indonesia Batasi Ekspor Sawit

Indonesia Batasi Ekspor Sawit
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading