Catat! Begini Hitung-Hitungan Kompensasi Pertalite

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
02 February 2022 16:55
Premium Hilang, Pemerintah  Siapkan Kompensasi Pertalite

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian, Montty Girianna mengungkapkan, beberapa skenario untuk Pertalite telah disiapkan.

Montty merinci, apakah kompensasi diberikan dengan jumlah Premium yang menjadi komponen Pertalite. Atau kompensasi diberikan terhadap selisih harga Pertalite, harga keekonomian dengan harga jual eceran.

Kendati demikian, pemerintah memastikan bahwa dengan adanya kompensasi Pertalite kepada Pertamina, masyarakat tetap bisa membeli Pertalite dengan harga yang terjangkau.


Adapun, besaran nominal yang disiapkan pemerintah untuk menjalankan kompensasi Pertalite berkisar Rp 25 triliun hingga Rp 30 triliun.

"Angka-angkanya (besaran kompensasi) tentu harus kroscek dengan Kemenkeu, tapi intinya pemerintah sepakat memberikan kepastian bahwa itu akan diberikan pemerintah, dan tidak melebihi di tahun-tahun sebelumnya," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/2/2022).

Adanya pemberian kompensasi tersebut, Montty memastikan harga Pertalite masih akan dikisaran Rp 7.650. Sehingga tidak memberatkan masyarakat.

Di sisi lain, pemerintah juga tidak ingin membuat Pertamina rugi, pasalnya dalam beberapa bulan terakhir untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi Pertalite meningkat, seiring melonjaknya harga minyak dunia.

"Pertama harganya ditetapkan, volume ditetapkan, wilayahnya ditetapkan. Apabila hal2 tertentu, biaya retribusi melebihi angka2 yang ditetapkan, badan usaha tersebut dalam hal ini Pertamina berhak dapat kompensasi," jelas Montty.

"Tentu kita tidak ingin Pertamina akan rugi, karena Pertamina harus beli barang baku. Kan Pertalite blending Premium dengan Pertamax, sedangkan Pertamax harganyanaik turun, bahkan sekarang harganya jauh di atas prdiksi kita," kata Montty melanjutkan.

Besaran kompensasi untuk Pertamina tersebut, kata Montty masih dalam pembahasan oleh lintas kementerian.

"Intinya kita tidak boleh membuat Pertamina rugi. Kedua, kita akan memastikan harga Pertalite affordable, masyarakat mampu untuk membelinya," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pemerintah Beri Kompensasi, Harga Pertalite Bisa Turun?


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading