Kabar Baik dari Menkes: Omicron Bisa Sembuh Tanpa Perlu ke RS

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 January 2022 17:22
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Saat Konferensi Pers Kesiapan Gelombang Ketiga COVID-19. (Tangkapan Layar Youtube Kementerian Kesehatan RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tidak semua pasien yang terinfeksi Covid-19 varian omicron harus dirawat di rumah sakit. Mereka yang bergejala ringan hanya perlu melakukan isolasi mandiri (isoman).

Mereka yang melakukan isoman adalah yang mengalami demam, batuk dengan saturasi oksigen di atas 95%, hingga pilek.

"Selama isoman mereka hanya perlu minum vitamin kalau demam siapkan panadol penurun panas, Insya Allah sembuh," terang Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Menurut Budi Gunadi, omicron ini memang tinggi tingkat penularannya tapi ia menggarisbawahi jika tingkat keparahannya rendah.

"Kebanyakan OTG (orang tanpa gejala) atau pilek ringan, batuk atau demam sedikit."

"Bisa sembuh tanpa perlu ke RS," tegasnya lagi.


Budi menambahkan mereka yang masuk rumah sakit adalah mengalami gejala sedang dan berat seperti mengalami sesak nafas dan butuh oksigen. Lansia berusia 60 tahun dan memiliki komorbid serta mereka yang belum divaksin.

Tak lupa Menkes mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Selalu gunakan masker, hindari kerumuman karena penularannya makin tinggi. Lakukan work from home bila memungkinkan.

"Omicron ini memang cepat menular dan infeksinya tinggi jadi tak perlu kaget. Namun tingkat keparahannya rendah dan jumlah pasien yang meninggal juga rendah," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RSPI Sulianti Saroso Rawat 22 Pasien Terjangkit Omicron


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading