Trade Center Ambasador, PGC hingga Roxy Sepi, Kenapa?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 January 2022 12:10
ITC Roxiy Mas (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya mal 'legendaris', tapi pusat perbelanjaan trade center seperti Roxy, ITC Ambasador, PGC, hingga Harco Glodok sepi dari pengunjung dan banyak pertokoan yang tutup. Beda dengan mal grade A, seperti Pondok Indah Mal, Senayan City hingga Grand Indonesia yang terpantau ramai tiap akhir pekan.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menjelaskan, kunjungan pusat perbelanjaan memang menurun imbas pandemi. Khusus untuk trade center hingga pusat perbelanjaan menengah ke bawah dipengaruhi daya beli masyarakat.

"Daya beli masyarakat masih belum pulih normal sekarang ini," jelas Alphonzus, kepada CNBC Indonesia, Kamis (27/1/2022).


PGC Cililitan (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)Foto: PGC Cililitan (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)
PGC Cililitan (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Tingkat kunjungan yang menurun membuat okupansi atau keterisian ritel pusat belanja juga turun. Menurut Alphonzus hal ini disebabkan banyaknya penyewa yang tidak memperpanjang masa sewa.

"Bahkan mengakhiri masa sewa lebih awal karena kesulitan usaha akibat pandemi." Jelasnya.

Menurut dia, keluar masuknya penyewa di tempat belanja adalah hal biasa. Namun yang membedakan saat normal dengan pandemi adalah banyak penyewa pengganti, sedangkan saat ini sangat sedikit ritel yang mau menggantikan ruang kosong itu.

"Penyewa saat ini memilih untuk membatalkan ataupun menunda untuk membuka usaha baru karena mau melihat menunggu perkembangan ekonomi lebih dulu," tuturnya.

Namun dari proyeksinya pada tahun 2022 ini penyewa sudah mulai percaya diri untuk membuka usaha baru. Melihat tren kunjungan ke pusat belanja yang meningkat sejak Agustus 2021.

Selain itu indikator menunjukan sentimen positif, terutama tingkat vaksinasi yang sudah mencapai 100 juta penduduk secara lengkap. Dimana pemerintah juga menargetkan 70% populasi Indonesia tervaksin pada Market atau April 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mal Legendaris DKI Sepi Bak 'Kuburan', Ini Masalah Seriusnya


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading