Internasional

Wow, RI-Qatar Bersatu Tingkatkan Produksi Susu

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 January 2022 08:40
Cows stand in a field in Bantouzelle, near Cambrai, France, April 28, 2018. REUTERS/Pascal Rossignol

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dan Qatar akan bekerja sama dalam meningkatkan produksi susu. Hal ini ditunjukkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual antara PT. Berdikari (Persero) dan Baladna Food Industries Qatar, awal pekan ini.

Penandatanganan masing-masing diwakili oleh Direktur Utama PT. Berdikari (Persero) Harry Warganegara dan CEO Baladna Food Industries Piet Hilarides. Dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia dari Kementerian Luar Negeri, Rabu (26/1/2022), nota kesepahaman tersebut akan mencangkup sejumlah kerja sama di bidang peternakan.


Bukan cuma pembibitan, penggemukan, sapi perah terintegrasi, rumah potong hewan, penjualan ternak, ini juga akan menyangkut hasil ternak dan produk olahan hasil ternak baik dalam negeri maupun ekspor ke luar negeri. Termasuk food processing serta kerjasama di bidang lainnya.

"Bertepatan dengan hubungan bilateral RI-Qatar yang menginjak dekade ke-5 pada tahun 2022, diharapkan kerja sama ini dapat memperkuat hubungan ekonomi bilateral kedua negara khususnya dalam mendukung pemulihan ekonomi," kata Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Mahendra Siregar.

Sebagaimana diketahui, saat ini sebanyak 80% pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia masih berasal dari impor. Tawaran kerja sama ini berpotensi dapat mendukung para peternak lokal dalam peningkatan produksi susu dalam negeri.

"Sebagai tindak lanjut, kedua perusahaan sepakat untuk segera membahas teknis implementasi perjanjian dimaksud agar kerja sama antara keduanya dapat terlaksana dalam waktu dekat," tambah Kemlu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Investasi Triliunan di Jabar: Dari LG Hingga Rebana


(tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading