Presiden AS Joe Biden Tiba-tiba Puji Indonesia, Ada Apa Nih?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 January 2022 10:30
President Joe Biden speaks during a visit to the General Motors Factory ZERO electric vehicle assembly plant, Wednesday, Nov. 17, 2021, in Detroit. (AP Photo/Evan Vucci)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan pujian kepada Indonesia. Pujian ini dilontarkan lantaran kedua negara telah menjalin kerja sama cukup lama dan akan terus dilanjutkan.

Pujian tersebut dilontarkan setelah datangnya Duta Besar (Dubes) RI untuk AS Rosan Perkasa Roeslani. Biden mengungkapkan, Indonesia telah memiliki peran penting di kawasan Indo-Pasifik.

"Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik," kata Biden dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia pekan ini.


Dia mengungkapkan, Indonesia dan Amerika Serikat telah bekerja sama lebih dari 70 tahun. Untuk itu dia mengharapkan kerja sama tersebut akan dilanjutkan di berbagai bidang. Mulai dari isu kesehatan global, investasi, hingga hubungan keamanan bilateral dua negara melalui kerja sama efektif antar entitas militer, polisi dan sipil.

"(AS) mengharapkan penguatan kerja sama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022," lanjutnya.

AS kini menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia. Hingga November 2021 lalu, nilai perdagangan dua arah mencapai US$ 33,2 miliar atau naik 35.3% pada periode yang sama tahun 2020.Investasi AS ke Indonesia juga naik 172,7% dengan nilai US$ 1,3 miliar. Ini menjadikan AS sebagai penyumbang investasi asing terbesar ke-6 bagi Indonesia.

Untuk diketahui, Rosan Roeslani dilantik menjadi Dubes RI untuk AS oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 25 Oktober 2021 lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terungkap Sudah, Kenapa Biden Pilih Jokowi Bahas Covid-19


(mon/mon)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading