Selamat! Bos Pfizer Raih Genesis Prize, Raup Rp14 Miliar

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
20 January 2022 20:52
Pfizer CEO Albert Bourla  (AP Photo/Giannis Papanikos, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Pfizer Albert Bourla dianugerahi Genesis Prize 2022. Anugerah itu tak lepas dari kepemimpinan, tekad, dan kesediaannya untuk mengambil risiko besar dalam mengembangkan vaksin Covid-19 dalam waktu singkat.

"Dr. Bourla melambangkan dua nilai Yahudi yang paling mendasar: komitmen terhadap kesucian hidup dan untuk memperbaiki dunia. Dan sementara pandemi masih jauh dari selesai, jutaan orang hidup dan sehat karena apa yang telah dicapai Dr. Bourla dan timnya di Pfizer," kata Ketua Genesis Prize Foundation Stan Polovets dikutip dari Al Jazeera, Kamis (20/1/2022).

Penghargaan yang digelar oleh Genesis Foundation ini menilai sebuah penghargaan individu yang didasarkan atas kontribusi mereka terhadap kemanusiaan dan komitmen terhadap nilai-nilai Yahudi.


Lahir di Thessaloniki, Yunani, Bourla memiliki hubungan pribadi dengan Yahudi. Orang tuanya termasuk di antara 2.000 orang yang selamat dari holocaust Nazi.

Bourla menerima jumlah suara terbesar dalam kampanye online dari total 200.000 orang yang berpartisipasi di 71 negara. Ia juga mendapatkan hadiah US$ 1 juta.

Hadiah tersebut akan ia gunakan untuk disumbangkan kepada para keluarga dan keturunan dari korban holocaust Yahudi oleh Nazi.

Tidak seperti CEO lain yang bekerja untuk mengembangkan vaksin Covid-19, Bourla juga menolak miliaran dolar subsidi Amerika Serikat. Tujuannya untuk menghindari birokrasi pemerintah dan mempercepat produksi vaksin.

Bourla sendiri adalah pemenang Genesis Prize yang kesembilan. Daftar penerima lainnya terdiri dari sutradara Steven Spielberg, aktris Natalie Portman, aktivis HAM Natan Sharansky, dan mantan Wali Kota New York dan maestro media Michael Bloomberg. Semua pemenang sebelumnya telah menghadiahkan kembali hadiah yang mereka peroleh untuk tujuan filantropi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Baik! Pfizer Manjur 90% Lawan Covid-19 pada Anak


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading