Siap-Siap! Agustus 2022 LRT Jabodebek Resmi Mondar-Mandir

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
19 January 2022 12:55
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Jumat (14/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Light Rapid Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok, Bekasi (Jabodebek) bakal dioperasikan pada Agustus 2022. Hal ini dipastikan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo

"Commercial Operating Date (COD) LRT Jabodebek menjadi Agustus 2022," kata Didiek dalam diskusi publik Persiapan Operasional LRT Jabodebek, Rabu (19/1/2022).

Didiek mengatakan pengoperasian LRT Jabodebek awalnya itu direncanakan pada Juni 2019 lalu, namun karena beberapa masalah membuat pengoperasianya mundur menjadi Agustus 2022.


Sampai saat ini progres pembangunan lintas LRT sudah mencapai 78%, dimana pada bulan Januari - Mei nanti akan dilakukan test untuk commissioning, lalu Juli - Agustus nanti akan dilakukan trial run.

Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Jumat (14/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Jumat (14/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Jumat (14/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Mantan Bankir ini menjelaskan mundurnya pengoperasian LRT ini juga membuat biaya investasi membengkak atau cost over run bertambah. Asumsi awal pada tahun 2017 nilai investasi Rp 29,9 triliun menjadi Rp 32,5 triliun.

"Hal ini juga terjadi karena keterlambatan COD diakibatkan oleh permasalahan pembebasan lahan dan pandemi Covid - 19 mengakibatkan adanya peningkatan biaya, sebesar Rp 2,6 triliun," jelasnya.

Executive Vice President (EVP) LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi mengatakan adanya LRT ini menjawab permasalahan kepadatan di jalan raya dan tol mulai dari Jakarta - Cikampek dan Jagorawi pada jam sibuk. Adapun lintasan pelayanan yang dilayani ini mulai dari Cibubur - Cawang, Cawang - Dukuh Atas, dan Lintas Bekasi Timur ke Cawang.

Adapun jumlah stasiun LRT Jabodebek itu mencapai 17 dan 1 stasiun akan terkoneksi dengan kereta cepat Jakarta - Bandung.

"Panjang lintasan mencapai 44 km dengan menggunakan 31 trainset," jelas Mochamad.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sabar! Agustus Tahun Depan LRT Jabodebek Sudah Wara-Wiri


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading