Internasional

Demi Prabowo? Menhan Prancis Dilaporkan Segera Terbang ke RI

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 January 2022 07:52
Menhan Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan Prancis, Florence Parly. (Dok. KBRI Paris)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan (Menhan) Prancis Florence Parly dikabarkan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 22 Januari mendatang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Kedutaan Prancis di Jakarta.

Meski begitu, belum ada daftar mengenai tamu yang akan dikunjungi Menhan Parly ke Indonesia. Rangkaian agendanya pun belum dijelaskan secara rinci, termasuk kemungkinan agenda pertemuan dengan Menhan RI, Prabowo Subianto Djojohadikusumo.


"Dengan ini kami mengkonfirmasi kunjungan Ibu Menhan Florence Parly pada tanggal 22 Januari," ujar Kedutaan Prancis melalui pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Selasa (19/1/2022).

Hubungan pertahanan antara Indonesia dan Prancis sendiri baru-baru ini cukup menguat. Pasalnya, Indonesia beberapa kali telah menunjukkan minatnya untuk membeli alutsista buatan Negeri Baguette itu. Bahkan, Menhan Prabowo sempat beberapa kali melakukan kunjungan ke Prancis

Salah satu yang sedang diminati Indonesia adalah pesawat tempur Dassault Rafale. Hal itu sempat disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo beberapa bulan lalu.

"Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap. Beberapa di antara alutsista tersebut adalah pesawat multi-role combat aircraft F-15 EX dan Dassault Rafale, Radar GCI 4, pesawat berkemampuan Airborne Early Warning, pesawat tanker yakni Multi Role Tanker Transport, pesawat angkut C-130 J, UCAV berkemampuan MALE dan berbagai alutsista lainnya," katanya dalam keterangan resminya.

Dassault Rafale memang bukan sebarang jet tempur. Pesawat ini diklaim mampu sebagai proyeksi kekuatan dan penyebaran untuk misi eksternal, misi serangan dalam, dukungan udara untuk pasukan darat, misi pengintaian, serangan pelatihan pilot, dan tugas pencegahan nuklir.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prabowo Bertemu Menlu Prancis, RI Fix Borong Jet Rafale?


(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading