Internasional

5 Jet Tempur Tercanggih Dunia, Ada Incaran Pak Prabowo?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
04 January 2022 14:28
Pesawat jet tempur siluman Chengdu J-20 China. Foto. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia sebentar lagi akan memiliki pesawat tempur Dassault Rafale. Burung besi buatan Prancis akan segera menemani F-16, Sukhoi SU-27, dan Sukhoi SU-30 dalam lini tempur TNI Angkatan Udara (AU).

Pesawat itu sendiri dipilih bukan tanpa alasan. Pesawat yang dibanderol USD 115 juta (Rp 1,6 triliun) per unit itu diklaim mampu sebagai proyeksi kekuatan dan penyebaran untuk misi eksternal, misi serangan dalam, dukungan udara untuk pasukan darat, misi pengintaian, pelatihan serangan pilot, dan tugas pencegahan nuklir.

Dari sejumlah sumber, CNBC Indonesia menemukan bahwa, pesawat ini memiliki sejumlah spesifikasi. Pesawat dilengkapi mesin ganda M88-2 buatan SNECMA dan jet mampu terbang dengan kecepatan 1.389 km/jam. Untuk senjata, Rafale juga dapat menggendong berbagai senjata seperti Mica, Magic, Sidewinder, ASRAAM dan rudal udara-ke-udara AMRAAM, rudal udara-ke-darat Apache, AS30L, ALARM, HARM, Maverick dan PGM100 serta rudal anti-kapal Exocet/AM39, Penguin 3 dan Harpoon anti-ship missiles.


Namun,dengan kemampuan ini, Dassault Rafale bukanlah pesawat yang murah untuk dioperasikan. Dikutip dari Stratpost, biaya terbang per jam pesawat tempur Rafale mencapai USD 16.500 (Rp 253,4 juta).

Lalu bagaimana kemampuan pesawat ini dibandingkan pesawat-pesawat tempur canggih lainnya?

Majalah kedirgantaraan Aerotimes pun sebenarnya juga memasukan Dassault Rafale dalam lini jet tempur tercanggih di tahun 2021 lalu. Namun pesawat ini tidak masuk 5 besar unit tempur udara tercanggih di dunia.

Menurut majalah itu, Dassault Rafale berada di peringkat 6, masih berada di bawah pesawat-pesawat tempur pabrikan negara besar seperti Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China. Berikut daftarnya :

1. F-35 Lightning II.

Lockheed Martin F-35 (Foto: REUTERS/Axel Schmidt -/File Photo)Foto: Lockheed Martin F-35 (Foto: REUTERS/Axel Schmidt -/File Photo)
Lockheed Martin F-35 (Foto: REUTERS/Axel Schmidt -/File Photo)

F-35 adalah salah satu jet tempur paling canggih dan paling mumpuni. Sementara varian awalnya diliputi oleh segala macam masalah, AS menghabiskan miliaran dolar untuk mengembangkan pesawat ini.

Apa yang membuat F-35 menonjol adalah perpaduan luar biasa dari sensor canggih, siluman, peperangan elektronik, dan kemampuan jaringan. AS menghabiskan lebih dari USD 1,5 triliun dolar untuk mengembangkan pesawat ini, menjadikannya platform senjata paling mahal sekaligus yang paling canggih yang pernah ada.

2. Chengdu J-20

Chengdu J-20.(China Daily via Reuters)Foto: Chengdu J-20.(China Daily via Reuters)
Chengdu J-20.(China Daily via Reuters)



J-20 adalah jet tempur China paling canggih. Kemampuannya yang sebenarnya adalah rahasia yang dijaga ketat yang hanya diketahui oleh pejabat tinggi Tiongkok. Namun demikian, dapat dipastikan bahwa China terus meningkatkan J-20-nya dengan kemampuan penerbangan siluman yang tidak dapat ditandingi pesawat lainnya.

3. Sukhoi Su-57.

Sukhoi su-57. (Dok: AEROSPACE SYSTEMS)Foto: Sukhoi su-57. (Dok: AEROSPACE SYSTEMS)
Sukhoi su-57. (Dok: AEROSPACE SYSTEMS)

 

Su-57 adalah pesawat tempur siluman pertama Rusia. Pesawat ini merupakan penggabungan efektivitas tempur jarak dekat yang hebat dari Su-27 dan keluarga Su-30. Sementara itu, dilaporkan juga bahwa Rusia sedang mengembangkan mesin baru untuk pesawat ini.

4. F-22 Raptor.

F-22 Raptor (Tangkapan Layar via website lockheedmartin.com)Foto: F-22 Raptor (Tangkapan Layar via website lockheedmartin.com)
F-22 Raptor (Tangkapan Layar via website lockheedmartin.com)

F-22 Raptor adalah jet tempur generasi kelima pertama dan tetap menjadi jet tempur paling siluman yang pernah ada. Klaim ini bukan tanpa alasan mengingat kemampuan radar pesawat ini yang memiliki visibilitas radar rendah, supercruise, jaringan sensor canggih, dan supermaneuverability dalam satu paket.

5. Shenyang FC-31.

Kekuatan utama pesawat buatan China ini ada di bobotnya yang lebih ringan dibandingkan pesawat tempur generasi ke-5 lainnya. Pesawat yang nantinya akan menemani Chengdu J-20 di kapal induk ini juga memiliki kemampuan siluman dan supercruise.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wow! Pak Prabowo, Negara Ini 'Borong' 64 Jet Tempur F-35 AS


(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading