Tommy Soeharto adalah Timor, Timor adalah Tommy Soeharto

News - Petrik Matanasi, CNBC Indonesia
21 January 2022 11:44
Cover Insight, Tommy Soeharto

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini nama Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto kembali mengemuka setelah asetnya yang dilelang pemerintah seharga Rp 2,4 Trilyun tak laku. Aset-aset itu antara lain:

Pertama, tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Kedua, tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.


Ketiga, tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Demi kelangsungan bisnis mobil itu, sebuah pergudangan kemudian dibangun di daerah Cikampek, Karawang. Perizinan tidak sulit.

MC Ricklef dalam Sejarah Indonesia Modern 1200-2004 (2004) menyebut untuk tahap pertama saja, Presiden Soeharto telah menyetujui impor 45.000 unit mobil KIA Shepia yang dilabeli Timor.

Kenikmatan impor mobil dari Korea itu kemudian membuat Jepang dan Amerika Serikat geram dan melayangkan protes keras kepada Indonesia di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) karena dianggap telah melanggar peraturan perdagangan internasional. Kala itu produsen mobil asal Jepang cukup merajai Indonesia dan produk Jepang lebih dipercayai konsumen Indonesia, dibanding dengan produk dari negara Asia lainnya.

Mobil daripada Tommy Soeharto itu, diluncurkan di Sarinah pada 8 Juli 1996. Seperti bapaknya, Tommy mudah tersenyum. Hanya saja senyumannya pada hari itu sangat penting bagi bisnis otomotifnya.

Kala itu, Tommy didampingi oleh Menteri Perdagangan dan Perindustrian Tunky Ariwibowo dan Menteri Penggerak Investasi Sanyoto Sastrowardoyo. Betapa besar dukungan daripada pemerintahan Soeharto kepada mobil Timor.

Indonesia kalah itu dianggap telah berlaku tidak adil dalam perdagangan mobil di Indonesia. Timor yang dilabeli mobil nasional saat itu telah mendapatkan banyak fasilitas negara, seperti bebas pajak dan bea lainnya. Mobil selain Timor tak mendapatkan fasilitas tersebut.

Timor yang bebas pajak masuk itu tentu membuat harganya bisa lebih murah daripada mobil lainnya. Ini sangat merugikan saingan Timor. Indonesia lalu dapat sangsi dari WTO dan kemudian proyek mobil nasional Timor pun macet pada 1997 dan mobil Timor lalu tinggallah sejarah kelam. Setahun kemudian Soeharto lengser, banyak aset milik Tommy Soeharto yang disita oleh negara.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tommy Soeharto 3 Kali tak Datang Ditagih Utang BLBI Rp 2,6 T


(pmt/pmt)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading