Dear Warga RI, Ini Pesan Jokowi Untuk Cegah Puncak Omicron

News - Syarizal Sidik, CNBC Indonesia
16 January 2022 17:54
Presiden Joko Widodo dalam acara HUT Ke- 49 PDI Perjuangan (Tangkapan layar youtube PDI Perjuangan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat membatasi diri bepergian ke luar negeri. Kegiatan ini dilakukan jika memang betul-betul perlu.

"Pejabat pemerintah sudah dilarang untuk bepergian keluar negeri untuk tiga minggu ke depan," ujar Luhut setelah mengikuti rapat terbatas membahas PPKM dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Luhut menambahkan imbauan ini dilakukan agar kasus Omicron tidak meluas di Indonesia. Saat ini kasus Omicron banyak berasal dari pelaku perjalanan luar negeri tetapi telah ditemukan kasus transmisi lokal bahkan kasus transmisi lokal telah lebih tinggi dari pelaku perjalanan luar negeri.


"Kasus transmisi lokal sudah lebih tinggi dari kasus transmisi pelaku perjalanan luar negeri. kasus didominasi di Jawa-Bali, Jakarta dan sekitarnya," terang Luhut.

Luhut menjelaskan pemerintah menyadari cepat atau lambat akan terjadi peningkatan kasus Omicron di Indonesia. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan langkah mitigasi, pemerintah akan melakukan akselerasi vaksinasi booster di Jabodetabek, penegakan protokol kesehatan yang lebih masif, termasuk persyaratan masuk ke tempat publik hanya yang sudah divaksinasi 2 kali.

"Saya ingatkan Omicron adalah musuh kita bersama, jangan ada diskusi lagi. Pemerintah akan terus melakukan pemantauan secara ketat terhadap perkembangan kasus dan lonjakan kasus Omicron," terang Luhut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Menakuti, Tapi Jokowi Sudah Bicara Ngerinya Omicron!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading