Varian Omicron Mengancam, Ini Masker Paling Diajurkan Ahli

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
16 January 2022 21:25
Masjid di kelurahan zona hijau Kota Bekasi,  Jawa Barat, menggelar shalat Jumat, pada hari ini, Jumat (29/5/2020). Shalat Jumat ini bagian dari adaptasi menuju normal baru di kota Bekasi.   

Shalat Jumat dilakukan di Masjid Agung Al Barkah dengan menggunakan prosedur protol kesehatan yang sudah di tetapkan. 


Sebelum memasuki masjid para jamaah harus melewati serangkaian aturan dari dinas kesehatan, mulai dari pengecekan suhu tubuh.

Selanjutnya jamaah melewati ruang bilik penyemprotan disinfektan yang sudah di sediakan oleh petugas masjid.  

Pemerintah Kota Bekasi membolehkan masjid kembali menggelar salat Jumat namun hanya yang berlokasi di zona hijau dan harus menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu yang bisa kembali menggelar Salat Jumat hari ini adalah Masjid Agung Al Barkah, yang berlokasi di Kelurahan Marga Jaya, Kota Bekasi. 

Pantauan CNBC Indonesia, masjid yang berkapasitas 1000 orang itu untuk sementara hanya diperbolehkan menerima maksimal 500 umat karena harus memperhatikan physical distancing.

Itu sebabnya, sehari sebelumnya, petugas masjid sudah memasang tanda penanda jaga jarak agar umat tidak berdesak-desakan saat salat Jumat.

Selain itu, mengacu pada Surat Edaran Wali Kota Bekasi, setiap pengunjung harus membawa sajadah sendiri dan wajib diperiksa suhu tubuh sebelum masuk masjid. Pihak pengelola masjid pun menyediakan sejumlah tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Semua umat yang akan Salat Jumat juga wajib pakai masker. Namun, pihak masjid sudah menyediakan 150 masker untuk jaga-jaga bila ada umat yang tidak membawa masker untuk salat Jumat. 
 
Selain itu, tidak boleh ada kerumunan usai salat Jumat. Semua umat harus bubar begitu salat Jumat selesai.(CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merevisi pedoman penggunaan masker bagi orang Amerika Serikat untuk melindungi diri dari Covid-19. Mereka merekomendasikan untuk mengenakan masker paling protektif yang bisa dilakukan.

Kebijakan ini dilakukan seiring dengan naiknya kasus Covid-19 varian Omicron di Amerika Serikat. Tercatat, pada Jumat kemarin, angka kematian akibat Covid di AS mencapai 850 ribu kasus.

"Orang Amerika harus mengenakan masker paling protektif yang Anda bisa yang pas dan akan Anda kenakan secara konsisten," kata CDC, seperti dikutip Reuters, Minggu (16/1/2022).


Presiden Joe Biden mengatakan bahwa pemerintah federal berencana untuk membuat masker berkualitas tinggi tersedia untuk orang Amerika secara gratis. Dalam langkah lain, Gedung Putih pada hari Jumat mengatakan pemerintah akan mulai mengirimkan 500 juta tes COVID-19 ke Amerika akhir bulan ini tanpa biaya.

CDC mengatakan ingin mendorong orang Amerika untuk memakai masker daripada mendorong mereka untuk memakai pelindung wajah tingkat tinggi, tetapi juga secara eksplisit mengatakan bahwa respirator memberikan tingkat perlindungan terbaik.

"Masker adalah alat kesehatan masyarakat yang penting untuk mencegah penyebaran COVID-19, dan penting untuk diingat bahwa masker apa pun lebih baik daripada tidak menggunakan masker," tambah CDC.

Amerika Serikat menghitung sekitar 1.800 kematian COVID-19 dan 780.000 infeksi baru setiap hari, masih menjadi yang terbanyak di dunia serta rekor tingkat pasien yang dirawat di rumah sakit.

Lonjakan terkait Omicron tampaknya melambat di daerah yang terkena pertama kali, termasuk negara bagian di Timur Laut dan Selatan. Di negara bagian Barat, jumlah kasus baru naik 89% dalam seminggu terakhir dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

CDC Mei lalu mengumumkan bahwa orang yang divaksinasi penuh dapat melepaskan penutup wajah mereka, karena kasus COVID-19 saat itu menurun. Tetapi pada Juli, CDC mengatakan orang yang divaksinasi penuh harus memakai masker di tempat umum dalam ruangan di daerah di mana COVID-19 menyebar dengan cepat. CDC mengatakan minggu ini sekitar 99,5% wilayah AS saat ini dicakup oleh rekomendasi masker.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Varian Covid Omicron Bikin Sedunia Ketakutan, Ini Buktinya!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading