Round Up Terpopuler

Aset 'Raksasa' Tommy Soeharto tidak Laku Dilelang, Kenapa Ya?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
15 January 2022 09:15
Foto udara menunjukkan penyitaan aset oleh satgas penanganan hak tagih negara dan bantuan likuiditas Bank Indonesia di jalan Raya Dawuan, Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Foto udara aset tanah milik Tommy Soeharto yang telah disita Satgas BLBI di Jalan Raya Dawuan, Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia melakukan lelang aset yang dimiliki Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto pada Rabu (12/1/2022). Namun, hingga waktu yang ditentukan, aset itu tidak laku lantaran tidak ada peminat.

Keempat aset itu adalah:

a. Tanah seluas 530.125 meter persegi yang terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

b. Tanah seluas 98.896 meter persegi yang terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

c. Tanah seluas 100.985 meter persegi yang terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

d. Tanah seluas 518.870 meter persegi yang terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Seluruh aset tersebut disita oleh pemerintah karena tidak ada iktikad baik dari Tommy untuk melunasi utang atas dana BLBI yang diterima 22 tahun lalu.

Dalam keterangan pers, Jumat (14/1/2022), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka-bukaan terkait penyebab lelang aset milik Tommy tidak ada peminat. Sehingga lelang tersebut harus dijadwalkan ulang.

Direktur Hukum dan Humas DJKN Kemenkeu Tri Wahyuningsih Retno Mulyani membantah jika aset tersebut tidak laku karena terlalu mahal.

"Soal aset Tommy Soeharto yang nggak laku kita sadari bersama bahwa kondisi saat ini adalah kondisi ekonomi seperti apa. Itu jadi salah satu faktor. Kan aset berapa tanah, itu pasti untuk investasi. Itu kenapa tidak ada peminat atau yang setor jaminan saat lelang kemarin," ujarnya.

Terkait dengan pembeli takut aset bermasalah karena bekas kasus BLBI, ia menyebutkan tidak mengetahui dengan pasti.

"Tapi yang pasti ini lelang yang dilaksanakan negara tentunya legalitas dari bukti dan kenapa bisa dilelang pasti sudah ada," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pemerintah sudah memiliki surat-surat dari semua tanah milik Tommy yang dilelang tersebut. Ini demi memenuhi kewajiban negara dari utang-utang Tommy.

"Salah satunya sertifikat, tentunya kita punya sertifikat. Semua orang tahu ini dalam konteks untuk mengembalikan uang kepada negara," pungkasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading