Terungkap! Daerah Ini Jadi Contoh Pembangunan Ibu Kota Baru

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 January 2022 19:21
Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur  (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)(Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Panitia Khusus (Pansus) pembahasan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) baru akan melakukan kunjungan ke beberapa kota di Indonesia. Terutama yang mengusung tema smart city.

Ketua Pansus IKN Ahmad Doli Kurnia menyebutkan, kunjungan ke smart city ini dilakukan sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan konsep yang sama di IKN baru.


"Kunjungan saja kan ke kota-kota yang nerapin smart city gitu, yang intinya parafrase yang bagus dan berhasil gitulah buat contoh pembuatan IKN," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Kamis (13/1/2022).

Adapun kota yang dimaksud adalah Kota Bumi Serpong Damai (BSD). Seperti diketahui BSD City adalah salah satu kota mandiri yang fasilitasnya sudah lengkap mulai dari kawasan industri, perkantoran, perdagangan, wisata sekligus perumahan.

"Nah kemarin pak Presiden dengan beberapa menteri sudah berkunjung ke sana, bahkan kemudian pak presiden sudah meminta lagi pak Basuki dan pak Mensesneg untuk kedua kalinya melihat karena konsepnya dianggap bagus," jelasnya.

Kunjungan ke BSD ini disampaikan oleh pimpinan Rapat pembahasan RUU IKN antara Pansus DPR dan Pemerintah. Tapi sebelumnya, pansus akan terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur.

"Besok sampai hari minggu, pansus akan melakukan peninjauan ke lapangan. Pansus akan ke Kalimantan Timur ke titik lokasi IKN dan ke BSD, Alam Sutera hari minggu tanggal 16," jelas Pimpinan Rapat Saan Mustopa.

Sebelumnya, Pansus RUU IKN juga sudah melakukan kunjungan kerja ke Kazakhstan. Ini adalah salah satu kota yang juga memindahkan ibu kota negaranya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RUU IKN: Ibu Kota RI Dipindah ke Kalimantan Semester I-2024!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading