Jokowi Tengok Lagi Homestay 'Sepetak' di Sirkuit Mandalika

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 January 2022 12:48
Keterangan Pers Presiden Jokowi Setelah Tinjau Homestay Desa Gerupuk, Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meninjau fasilitas di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang akan dipergunakan sebagai akses masuk ke Nusa Tenggara Barat bagi penonton dan peserta MotoGP Mandalika.

Dengan menggunakan sepeda motor custom miliknya, Jokowi meninjau fasilitas dari satu titik ke titik lainnya, dari jalan bypass airport menuju Mandalika. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga sempat meninjau Homestay Desa Gerupuk, Lombok Tengah.

"Beberapa desa di sekitar sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat," kata Jokowi selepas peninjauan dalam video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).


Petugas berbincang dengan warga berlatar belakang Sarana Hunian Pariwisata atau Sarhunta di Kampung Homestay di Dusun Bangan, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/11/2021). Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara I (BPPNT I) meningkatkan kualitas 300 rumah tak layak huni menjadi Sarana Hunian Pariwisata atau Sarhunta. Balai Perumahan, Kasi Wilayah 2 Nusa Tenggara Barat Dudi Mustofa, mengatakan kegiatan peningkatan kualitas hunian dimulai dari tahun 2020, tepatnya perencanaan di bulan Mei dan pelaksanaan fisik kegiatannya tanggal 17 Agustus 2020 sampai dengan 31 Desember 2020. Berada di Kawasan Mandalika ada 300 rumah dan di kawasan Gili Air ada 98 rumah,Foto: Sarana Hunian Pariwisata atau Sarhunta di Kampung Homestay di Dusun Bangan, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jokowi mengatakan tempat penginapan yang disiapkan mencapai 300 kamar. Jokowi berharap, pada saat penyelenggaraan seluruh tempat penginapan dapat terisi penuh.

"Saya sudah mengecek satu per satu dari homestay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PU dan nanti kita lihat bulan Maret apakah ini terisi atau tidak. Menurut saya, Insya Allah terisi semuanya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan gencarnya pembangunan di Kawasan Ekonomi Mandalika (KEK) tidak hanya berkaitan dengan pagelaran MotoGP. Jokowi ingin, pembangunan juga dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

"KIta ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bagai Pembalap, Jokowi Tinjau Fasilitas MotoGP 2022


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading