Kebangetan! RI Impor Ratusan Miliar Rupiah Jarum Suntik

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 January 2022 20:20
LIPI Membuat Alat Penghancur Jarum Suntik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo sempat menyinggung Indonesia masih kerap memesan jarum suntik dari negara lain alias impor. Padahal RI kaya akan produksi untuk memproduksi jarum suntik, bahkan diklaim memiliki pabrik terbaik.

"Permintaan dunia untuk ini (jarum suntik) mencapai US$10 miliar. Indonesia impor banyak sekali tidak tahu berapa juta jarum suntik," kata Jokowi, dalam sambutan Kompas CEO Forum, Kamis (18/11/2021).

Produk olahan stainless steel ini memang tengah digenjot untuk di ekspor melalui agenda hilirisasi industri dalam negeri. Sejalan dengan keinginan pemerintah menyetop ekspor barang mentah.


Lantas berapa sih impor jarum suntik RI?

Mengutip data World Integrated Trade Solution milik World Bank menunjukkan data impor jarum suntik atau Syringes dengan nomor HS 901831 pada 2018 lalu. Dimana pengimpor terbesar datang dari Uni Eropa mencapai US$1,115 miliar, kedua berasal dari Jerman yang mencapai US$650,4 juta, lalu Amerika Serikat mencapai US$626,2 juta.

Sementara Indonesia menempati posisi 34, di bawah Argentina dan Ceko, dengan nilai impor mencapai US$22,55 juta atau setara dengan Rp318,01 miliar dengan kurs (Rp14.100/US$). Angka ini jauh sebelum pandemi, tentu saat ini angkanya bisa lebih besar lagi.

Adapun dalam data itu partner Indonesia untuk mendapatkan jarum suntik paling besar mulai dari Filipina, China, Singapura, India, Swiss, dan Jepang. Adapun Indonesia juga mengimpor jarum suntik dari Thailand, AS, Inggris, Malaysia, dan banyak negara lainnya.

LIPI Membuat Alat Penghancur Jarum Suntik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: LIPI Membuat Alat Penghancur Jarum Suntik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
LIPI Membuat Alat Penghancur Jarum Suntik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Waktu berselang, dalam Peringatan HUT ke 49 PDI-P, Senin (10/1/2022), Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri pun melontarkan kritikan kepada Presiden Joko Widodo. Kritik itu berkaitan dengan maraknya impor alat kesehatan.

"Dari dulu itu lagi lho ya, pak Jokowi. Enggak usah yang megang-megang dulu. Tapi, masa alat suntik atau apa dan lain sebagainya itu masih saja dari luar," kata Megawati.

Megawati mengaku heran masih mendapati fakta bahwa Indonesia masih mengimpor alat kesehatan. Megawati bahkan mempertanyakan para ilmuwan yang memproduksi alat-alat tersebut.

"Masa gituan saja kita enggak bisa bikin ya. Menurut saya lagi, lho. Saya nanya ini kepada orang-orang pinter. Orang Indonesia itu banyak yang pinter," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Jarum Suntik Saja Masih Impor, Kapokmu Kapan Le?


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading