'Muak' RI Jor-joran Impor Jarum Suntik, Jokowi: Kita Setop!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 November 2021 14:04
Pidato Kunci Presiden RI, Jokowi pada Kompas100 CEO Forum, 18 November 2021. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan keyakinannya bahwa Indonesia sudah bisa melakukan ekspor jarum suntik dalam waktu dekat.

Rencana ini sejalan dengan keinginan pemerintah yang akan menyetop ekspor barang mentah. Pemerintah ingin, barang mentah dapat menjadi produk jadi sebelum diekspor.

"Sebentar lagi kita akan bisa bikin ini, karena memang barang itu kita setop. Mau tidak mau orang itu harus bikin di sini," tegas Jokowi dalam sambutan di Kompas CEO Forum, Kamis (18/11/2021).


Jokowi menyebut jarum suntik merupakan hasil olahan dari produk stainless steel. Namun selama ini, Indonesia justru mengimpor jarum suntik dari beberapa negara.

"Permintaan dari dunia untuk ini US$ 10 miliar. Indonesia impor bayak sekali tidak tahu berapa juta jarum suntik," jelas Jokowi.

Jokowi menegaskan pemerintah saat ini sedang fokus membangun industri hilirisasi di dalam negeri. Dengan begitu, Indonesia tidak lagi perlu mengimpor barang dalam jumlah besar.

"Kita harus optimis bahwa dengan menyetop ekspor raw material ini kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih, membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kebangetan! RI Impor Ratusan Miliar Rupiah Jarum Suntik


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading