Internasional

Terbaru! 20 Maskapai Teraman di Dunia 2022, Ada dari RI?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 January 2022 13:50
FILE PHOTO: An Air New Zealand Boeing Dreamliner 787-9 takes off from Auckland Airport in New Zealand,  September 20, 2017. REUTERS/Nigel Marple/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 terbukti menjadi tahun yang sangat sulit bagi industri penerbangan, termasuk maskapai. Pasalnya perjalanan melalui udara semakin menurun sepanjang 2021, ditambah dengan munculnya varian baru virus corona.

Virus ini juga terus mendominasi percakapan seputar keselamatan udara. Ini menyebabkan beberapa perubahan signifikan dalam daftar tahunan maskapai teraman di dunia dari AirlineRatings.com, situs web ulasan produk dan keselamatan penerbangan.


AirlineRatings.com memantau 385 maskapai penerbangan dari seluruh dunia. Situs ini mengukur berbagai faktor seperti catatan kecelakaan dan insiden serius maskapai, usia pesawat, hingga protokol kesehatan terkait Covid- 19 dan inovasi operasional.

Tahun ini, Air New Zealand menjadi yang teratas dalam tabel keselamatan tahunan. Posisi kedua ada Etihad Airways, lalu ketiga Qatar Airways, dan diikuti keempat Singapore Airlines serta kelima TAP Portugal.

"Maskapai penerbangan berbendera Selandia Baru tersebut memiliki catatan insiden yang sangat baik, jumlah inovasi kokpit, pelatihan pilot dan usia armada yang sangat rendah," kata Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi situs web yang berbasis di Australia, dikutip dari CNN International, Kamis (6/1/2022).

"Air New Zealand adalah pemimpin di bidang ini dengan pelatihan ulang yang komprehensif."

Ia menambahkan maskapai ini juga menerima pujian karena menjadi pemimpin dunia dalam kemajuan keselamatan operasional selama empat dekade terakhir. Berbagai inisiatifnya termasuk menjadi salah satu maskapai pertama di dunia yang menguji coba penggunaan teknologi AI Assaia Apron untuk meningkatkan waktu putar pesawatnya, jadi salah satu buktinya.

"Air New Zealand telah unggul dalam spektrum keselamatan yang luas, tidak pernah melupakan detail terkecil saat merawat awak penerbangannya yang telah bekerja di bawah tekanan yang signifikan," tambahnya.

Lalu, berikut daftar maskapai paling aman di dunia pada 2022:

1. Air New Zealand
2. Etihad Airways
3. Qatar Airways
4. Singapore Airlines
5. TAP Air Portugal
6. SAS (Scandinavian Airlines)
7. Qantas
8. Alaska Airlines
9. EVA Air
10. Virgin Australia/Virgin Atlantic
11. Cathay Pacific Airways
12. Hawaiian Airlines
13. American Airlines
14. Lufthansa
15. Finnair
16. KLM (KLM Royal Dutch Airlines)
17. British Airways
18. Delta Air Lines
19. United Airlines
20. Emirates

AirlineRatings.com juga telah membuat daftar maskapai murah teraman di dunia, yang diurutkan berdasarkan abjad karena peringkatnya sama. Berikut 10 maskapai penerbangan bertarif rendah teraman: Allegiant Air, easyJet, Frontier Airlines, Jetstar Group, Jetblue, Ryanair, Vietjet Air, Volaris, Westjet, dan Wizz Air.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukti Kejamnya VOC Zaman Now: Hancurkan Bisnis Penerbangan


(tfa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading