Internasional

Lain dari yang Lain! Warga Korsel Ini Membelot ke Korut

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
03 January 2022 09:05
FILE - In this Dec. 16, 2019, file photo, South Korean army soldiers patrol along the barbed-wire fence in Paju, South Korea, near the border with North Korea. The Joint Chiefs of Staffs in Seoul said that North Korean troops fired several bullets at a South Korean guard post inside the heavily fortified border between the countries on Sunday, May 3, 2020. (AP Photo/Ahn Young-joon, File) Foto: Zona Perbatasan Korea Utara dan Selatan (AP/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang warga Korea Selatan (Korsel) dilaporkan melakukan aksi pembelotan ke Korea Utara (Korut) pada Sabtu, (1/1/2022) malam. Hal ini dilaporkan langsung oleh militer Korsel.

Dalam sebuah pernyataan, warga tersebut dilaporkan menembus sisi timur Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea. Setelah adanya laporan itu, tim penjaga perbatasan langsung melakukan operasi pencarian.

"Kami telah mengkonfirmasi bahwa orang tersebut melintasi perbatasan Garis Demarkasi Militer sekitar pukul 22:40 (1340 GMT) dan membelot ke Utara," kata komando perbatasan gabungan (JCS) dikutip Reuters

JCS mengatakan tidak dapat memastikan apakah orang itu masih hidup. Namun dilaporkan bahwa warga itu sempat mengirim pemberitahuan ke Korut melalui hotline militer dengan alasan meminta perlindungan.

Hal ini sendiri merupakan hal yang langka terjadi. Biasanya yang terjadi adalah insiden sebaliknya, dimana warga Korut melarikan diri ke wilayah Korsel.

Meski begitu, aksi ini sendiri merupakan aksi yang ilegal dalam aturan yang berlaku di Korut saat ini. Negeri Kim Jong Un itu saat ini memberlakukan tindakan anti-virus corona yang ketat sejak menutup perbatasan pada awal 2020.

Sementara itu, hubungan antara kedua negara ini memburuk negosiasi denuklirisasi antara Pyongyang dan Washington terhenti sejak pertemuan puncak yang gagal pada 2019. Dengan situasi ini, Korsel dibantu AS secara teknis masih berperang dengan Pyongyang. Saat ini sendiri aturan yang berlaku di wilayah itu hanyalah gencatan senjata.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wow! Kim Jong Un Nonton Debus, Tentara Korut Telanjang Dada


(tps/tps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading