Waspada! Total Kasus Omicron RI Tembus 136, Tambah 68 Orang

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 January 2022 15:30
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, memberikan keterangan pers mengenai perkembangan terkini terkait vaksin COVID-19 dari AstraZeneca. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan adanya penambahan kasus baru varian Omicron sebanyak 68 orang. Hal ini membuat total kasus Omicron di RI menjadi 136 terhitung, Sabtu (1/1/2022).

Melalui keterangan resmi, juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan 68 kasus baru tersebut datang dari pelaku perjalanan luar negeri. Sebanyak 11 kasus dialami oleh warga negara asing (WNA).

"Semua kasus merupakan pelaku perjalanan luar negeri, dengan asal negara kedatangan paling banyak dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat," kata Nadia seperti dikutip pada Sabtu (1/1/2022).


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sebanyak 29 orang disebut tidak memiliki gejala, 29 orang sakit dengan gejala ringan, 1 orang sakit dengan gejala sedang, dan 9 orang lainnya tanpa keterangan.

Tidak hanya itu, Nadia juga mengingatkan agar warga negara Indonesia untuk sementara waktu menahan diri bepergian ke luar negeri. Hal ini mengingat kondisi wabah COVID-19 yang kembali meningkat di beberapa negara akibat varian Omicron.

"Jangan egois, harus bisa menahan diri untuk tidak bepergian dulu ke negara dengan transmisi penularan COVID-19 yang sangat tinggi seperti Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Kita harus bekerjasama melindungi orang terdekat kita dari tertular COVID-19. Mari kita menahan diri," papar Nadia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Varian Covid Omicron Bikin Sedunia Ketakutan, Ini Buktinya!


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading