Breaking News

Ini Kronologi Kemenkes Temukan Transmisi Lokal Omicron di RI

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 December 2021 11:39
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, memberikan keterangan pers mengenai perkembangan terkini terkait vaksin COVID-19 dari AstraZeneca. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan kasus transmisi lokal atau penularan secara lokal Covid-19 varian Omicron. Kasus terjadi pada seorang pria berusia 37 tahun.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan hingga hari ini (28/12/2021) ada 47 kasus konfirmasi positif Covid-19 varian omicron. Sebanyak 46 kasus berasal dari luar negeri sementara satu orang transmisi lokal.

"Pria 37 tahun ini tidak ada riwayat perjalanan luar negeri beberapa bulan belakangan ini atau melakukan kontak dari pasien," ujar Siti Nadia dalam konferensi pers digital di Jakarta, Selasa (28/12/2021).


Siti Nadia menambahkan, pria 37 tahun ini berasal dari Medan dan satu bulan sekali ke Jakarta. Ia bersama dengan istrinya tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021. Kemudian mengunjungi salah satu restoran di SCBD pada 17 Desember.

"Pada 10 Desember melakukan antigen karena mau pulang ke Medan, hasilnya positif. Pada 19 Desember dilakukan swab PCR dan hasilnya masih positif. Pada 26 Desember terkonfirmasi omicron dari hasil laboratorium," terangnya.

"Saat ini pria itu melakukan isolasi di Rumah Sakit Suryanti Suroso. Adapun istrinya negatif Covid-19."

Atas kejadian ini, Kemenkes melakukan tracing di restoran dan tempat tinggal, hingga tracing kegiatan pasien di Jakarta. Semuanya dilakukan tes swab PCR.

Tracing juga dilakukan pada tenaga kesehatan dan kontak erat di mana pasien melakukan tes PCR.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Varian Covid Omicron Bikin Sedunia Ketakutan, Ini Buktinya!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading