RI Ketiban Durian Runtuh, Jawaban Sri Mulyani Bikin Terkejut!

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
30 December 2021 19:14
Infografis: RI Panen 'Durian Runtuh', Sri Mulyani Kini Kipas-kipas Duit

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui tingginya penerimaan negara pada tahun ini dan mampu mencapai target, tidak lepas dari lonjakan harga komoditas internasional yang datang ibarat 'durian runtuh'.

"Kalau hari ini pajak, bea dan cukai dan PNBP menikmati commodity boom dengan sisi penerimaan yang kuat. Jangan diharapkan itu akan terus menerus terjadi. Harus antisipasi," ujarnya saat pelantikan eselon II di Kementerian Keuangan, Kamis (30/12/2021)

Tingginya harga komoditas juga membawa pengaruh besar terhadap ekspor Indonesia yang berhasil meraih titik tertinggi sepanjang sejarah. Hal tersebut menurut Sri Mulyani juga belum tentu terulang lagi di 2022.


"Jangan punya ilusi bahwa pertumbuhan (ekspor) akan terus kuat. Kita harus berikhtiar agar kinerja ekonomi kita akan terus baik. Kalau sekarang kita lihat bahwa masyarakat punya confident, consumer meningkat, aktivitas meningkat. Itu adalah suatu tanda pemulihan yang harus dijaga bersama," jelasnya.

Banyak komponen, kata Sri Mulyani yang harus dijaga dengan sangat hati-hati. Termasuk soal utang. Tahun depan pemerintah masih membutuhkan pembiayaan besar, dan di sisi lain juga harus membayar bunga utang yang diakibatkan beberapa tahun terakhir.

"Instrumen pembiayaan harus resilience, pembiayaan utang harus dijaga hati-hati. Pahami risiko, tingkatkan resilience. Untuk pembiayaan investasi saya minta dikelola semakin kritis dan teliti, tidak sekadar kita menambahkan tanpa melihat kegunaannya," terang Sri Mulyani.

Indonesia dan seluruh dunia optmistis ekonomi 2022 akan pulih. Namun Sri Mulyani menekankan bahwa hal tersebut bukan jaminan kenyataan sesuai harapan.

"Jadi Kita harus tetap waspada. Tahun depan tantangan kita dari sisi lingkungan global akan semakin meningkat, inflasi tinggi di berbagai negara, tapering, perubahan dari sisi kebijakan yang akan menciptakan volatilitas di sektor keuangan atau arus modal. Semua harus diantisipasi karena itu mempengaruhi APBN kita," katanya.

Infografis: RI Panen 'Durian Runtuh', Sri Mulyani Kini Kipas-kipas DuitFoto: Infografis/RI Panen 'Durian Runtuh', Sri Mulyani Kini Kipas-kipas Duit/Arie Pratama
Infografis: RI Panen 'Durian Runtuh', Sri Mulyani Kini Kipas-kipas Duit


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ketiban 'Durian Runtuh', Kantong RI Jadi Gak Tekor-tekor Amat


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading