Wilayah RI yang 'Nihil' Kasus Covid-19 Bertambah, DKI Out!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 December 2021 13:25
Peta Zonasi Covid-19.

Jakarta, CNBC Indonesia - Zona hijau alias wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir bertambah mencapai 106 kabupaten/kota, dari yang sebelumnya 92 kabupaten/kota.

Zona yang tidak memiliki kasus merupakan wilayah yang pernah terdapat kasus, namun tidak ada penambahan kasus baru dalam 7 minggu terakhir dengan angka kesembuhan di atas 95%.

Mengacu pada peta sebaran risiko Covid-19 per tanggal 26 Desember 2021, seperti dikutip Kamis (30/12/2021), mayoritas zona hijau berada di luar Jawa-Bali.


DKI Jakarta yang dalam dua pekan terakhir berada di wilayah zona bebas Covid-19, kini terlempar. Sebelumnya, Kepulauan Seribu termasuk dari deretan wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19.

Hingga saat ini, sudah tak ada lagi zona berisiko tinggi (zona merah) atau risiko sedang (zona oranye) di Indonesia. Sementara itu, zona risiko rendah atau zona kuning masih mencapai 422 kabupaten kota.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, Indonesia sudah tak lagi mencatatkan zona merah dalam 13 minggu terakhir. Adapun untuk zona oranye sudah 10 pekan nihil.

Sebagai informasi, peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Hasil skoring dan pembobotan diperbaharui secara mingguan.

Berbagai indikator yang digunakan adalah epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada! Ini Daftar Zona Merah Covid-19 Terbaru, Jadi 15


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading