Jos.. Zona Hijau Bertambah, Gelombang 3 Covid-19 RI Mundur!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 October 2021 07:55
Pengunjung saat membeli makanan di Mall Summarecon Bekasi, Selasa (26/5). Pantauan CNBC Indonesia Summarecon Mall Bekasi hingga kini masih beroperasi secara terbatas imbas pandemi COVID-19. Hanya toko makanan dan farmasi yang buka di pusat perbelanjaan ini. Namun untuk gerai makanan tidak melayani makan di tempat. Usai Presiden RI Jokowi meninjau  mall Summarecon dalam waktu dekat siap beroperasi secara penuh karena kasus positif virus Corona di wilayah tersebut sudah landai dan dikategorikan zona hijau. Nantinya pengunjung mal bakal dibatasi hanya 50% dari kapasitas normal. Begitu pula dengan gerai-gerai yang ada di dalamnya, kapasitasnya hanya boleh 50% dari kondisi normal. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi Pusat Perbelanjaan (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengendalian kasus Covid-19 di tanah mulai terkendali. Dalam beberapa pekan terakhir, zona hijau atau wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19 kembali bertambah.

Data milik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 10 Oktober yang dikutip hari ini, Sabtu (16/10/2021) mencatat penambahan zona hijau menjadi dua daerah yakni Kabupaten Tambrauw di Papua Barat, Kabupaten Buru Selatan di Maluku.

Data tersebut merupakan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah yang diperbaharui secara mingguan. Adapun data ini sebelumnya diperbaharui pada 3 Oktober lalu.


Pada 3 Oktober lalu, zona hijau berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat, Intan Jaya, Papua, Manokwari Selatan, Papua Barat, dan Kota Tuai, Maluku. Kini, zona hijau kembali bertambah di Kabupaten Tambrauw di Papua Barat, Kabupaten Buru Selatan di Maluku.

Sementara itu, zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19 hanya menyisakan tiga daerah dalam sepekan terakhir. Mereka yakni Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Besar di Provinsi Aceh. Kemudian Kabupaten Mamasa di Provinsi Sulawesi Barat.

Penurunan terjadi pada daerah zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan covid-19. Daerah zona kuning ini turun menjadi 506 wilayah, dibandingkan data pekan lalu yang mencatat 508 kabupaten/kota.

Adapun seluruh kabupaten/kota di Indonesia mulai dari Jawa hingga Papua mayoritas masuk kategori zona kuning.

Dalam empat minggu terakhir, Indonesia telah resmi terbebas dari zona merah alias wilayah berisiko tinggi Covid-19. Berdasarkan peta zonasi risiko, tak ada zona merah yang tersisa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Zona Hijau Covid-19 RI Terus Meluas, Tapi Jangan Senang Dulu!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading