Zona Hijau Covid-19 RI Terus Meluas, Tapi Jangan Senang Dulu!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 October 2021 08:50
Warga mengenakan masker di Kawasan Kampung Rawa Pasung RW 022, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020).

Lokasi yang berbatasan dengan Jakarta Timur ini , kampung rawa pasung bekasi ini dikenal sebagai wilayah zona hijau sejak awal pandemi Maret lalu.

Beragam mural berisi pesan kepatuhan terhadap protokol kesehatan menghiasi gang sempit di kawasan hunian padat tersebut.

Warga sukarela memberikan paket sembako gratis bagi warga lain yang membutuhkan dan menyediakan ruang isolasi mandiri untuk yang terkena Covid-19.

Pak Soleh selaku ketua RW mengklaim bahwa kampung tersebut 0 positif Corona dan masuk zona hijau. Foto: Kampung Rawa Pasung RW 022, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/7/2020). Kampung rawa pasung bekasi ini dikenal sebagai wilayah zona hijau sejak awal pandemi Maret lalu. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Zona hijau alias wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19 di Indonesia kembali bertambah. Kini, zona hijau mencapai 10 wilayah.

Melansir laman covid19.go.id, Jumat (29/10/2021), zona hijau di indonesia bertambah dua, dari sebelumnya hanya delapan daerah menjadi 10 daerah.

Data di atas merupakan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah yang diperbaharui secara mingguan. Ini merupakan data yang diperbaharui pada 24 Oktober lalu.

Berikut daftar wilayah yang tidak memiliki kasus Covid-19 di Indonesia:

- Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
- Buton Tengah, Sulawesi Tenggara
- Raja Ampat, Papua Barat
- Pegunungan Arfak, Papua Barat
- Dogiyai, Papua
- Seram Bagian Timur, Maluku
- Kota Tual, Maluku
- Buru Selatan, Maluku
- Kaur, Bengkulu
- Lebong, Bengkulu

Selain itu, data tersebut juga mencatat tak ada lagi zona merah dan zona oranye di Indonesia. Zona merah ialah wilayah berisiko tinggi penularan Covid-19, sementara zona oranye tingkat sedang.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, ini pertama kalinya Indonesia mencatatkan nol sebaran zona oranye. Sebelumnya pada 17 Oktober lalu, masih tersisa 2 zona oranye.

Dua zona oranye pada periode tersebut berada di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Sementara tu, zona merah memang sudah tak lagi mencatatkan penambahan di sejumlah daerah berturut-turut, setidaknya dalam enam pekan terakhir.

Adapun zona kuning alias wilayah berisiko rendah saat ini masih mendominasi, karena tersebar di 504 wilayah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

10 Daerah RI Zona Hijau Covid-19, Ada Raja Ampat!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading