Internasional

Covid-19 Menggila, Tentara Belanda 'Turun Gunung'

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
23 December 2021 12:05
Otoritas Belanda mendeteksi 13 kasus positif virus Corona (COVID-19) varian Omicron dari dua penerbangan asal Afrika Selatan (Afsel). (REUTERS/EVA PLEVIER)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Belanda memutuskan untuk menerjunkan tentara dalam penanganan pandemi Covid-19. Tentara akan ditempatkan menjadi tim penyuntik vaksin booster Covid-19 untuk mempercepat terciptanya kekebalan kawanan di negara itu.

Dalam situs resmi Kementerian Pertahanan Belanda, pihak militer Negeri Orange sepakat untuk mengirimkan 1.500 total anggotanya untuk misi kali ini. Dari jumlah itu, ada 750 personil yang masih dalam tahap pelatihan.


"Jumlah itu terdiri dari 300 personil angkatan laut, 250 personil angkatan darat, dan 200 anggota angkatan udara," ujar keterangan itu dikutip dari Twitter berbahasa Belanda, Kamis (23/12/2021).

Langkah ini sendiri cukup mirip dengan apa yang terjadi di Indonesia. Pemerintah melibatkan langsung personil TNI untuk membantu dan mempercepat jalannya proses vaksinasi.

Sementara itu, keputusan ini diambil pada saat Negeri Kincir Angin itu memasuki periode penguncian ketat. Hal ini untuk mengekang penularan Varian Omicron yang juga telah masuk ke wilayah negara itu.

Sejak akhir pekan lalu, Belanda memutuskan untuk menutup sekolah dan universitas hingga 9 Januari dan seluruh toko bahan-bahan non esensial, bar, dan restoran hingga 14 Januari mendatang.

Penguncian ini juga menyisir kediaman warga. Penduduk hanya akan diizinkan memiliki dua pengunjung per hari, kecuali untuk Natal dan Tahun Baru di mana pengunjung dalam rumah diizinkan maksimal empat orang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Demo Tolak Lockdown di Belanda Rusuh, Mobil Polisi Dibakar!


(tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading