Internasional

RS di London Mulai Kelabakan, Omicron Makin Menggila

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
19 December 2021 13:00
Atrian vaksin booster di Inggris. (REUTERS/HANNAH MCKAY)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan covid-19 varian terbaru Omicron terjadi di London. Hal ini membuat pemerintah akan menetapkan kebijakan yang lebih ketat untuk bisa mengatasinya.

Wali Kota London Sadiq Khan bahkan mendeklarasikan "major incident" pada Sabtu (18/12/2021) untuk membantu rumah sakit mengatasi lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.


Khan dalam pernyataannya yang dikutip dari Channel News Asia, Minggu (19/12/2021) menyatakan akan mengambil langkah koordinasi yang lebih erat dengan stakeholder di pemerintahan untuk menekan kasus Omicron. Sebab, Omicron sangat cepat menyebar bahkan dalam 24 jam meningkat drastis.

"Jadi saya telah mengambil keputusan, dengan berkonsultasi dengan mitra kami, untuk menyatakan insiden besar (major incident) hari ini," kata dia.

"Ini adalah pernyataan betapa seriusnya hal-hal itu," imbuh Khan.

Khan juga mengumumkan adanya "major incident" pada Januari ketika kasus Covid-19 meningkat dan terancam membanjiri rumah sakit oleh pasien terinfeksi.

Kali ini juga serius karena, varian Omicron diperkirakan menyumbang lebih dari 80% kasus Covid-19 baru di London.

Koordinasi penanganan pandemi Covid-19 varian Omicron akan dipimpin oleh Perdana Menteri Boris Johnson selama akhir pekan ini. Komite darurat ini akan didelegasikan di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, yang memiliki kekuasaan sendiri atas kesehatan masyarakatnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading