Waduh! Pasca Erupsi Semeru, 8 juta kubik Pasir Sumbat Sungai

News - Pratama Guitarra, CNBC Indonesia
17 December 2021 20:27
An Indonesian Marine personnel walks through an area affected by the eruption of Mount Semeru volcano, in Curah Roboan, Indonesia December 7, 2021. REUTERS/Willy Kurniawan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, pasca terjadinya erupsi Gunung Semeru (4/12/2021) lalu, terdapat sebanyak 8 juta kubik pasir yang turun.

8 juta kubik pasir itu menyumbat aliran sungai, yang mana jalur sungai tersebut adalah Besuk Kobokan yang merupakan jalur aliran lahan dari Gunung Semeru yang terletak di Jawa Tengah itu.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif menyampaikan, akibat adanya tumpukan pasir sebanyak 8 juta kubik itu, jika terjadi erupsi susulan, maka akan menghambat jalan aliran dan membuat aliran lahar baru.


"Akibatnya jika ada kejadian lagi akan meluas ke daerah di sekitarnya. Untuk itu kami melakukan pemetaan baru dan mengimbau masyarakat untuk mematuhinya," kata Arifin, Jumat (17/12/2021).

Di sisi lain, pasca peningkatan status Gunung Semeru menjadi level III (Siaga) tadi malam, Kamis (16/12/2021). Arifin mengimbau supaya masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam zona rawan bahaya yang telah ditetapkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM.

"Terkait peningkatan status Gunung Semeru, kemarin memang ada indikasi seismik yang naik dan pengamatan visual di lapangan. Dan kondisi akibat dari (erupsi) yang lalu, dengan adanya tumpahan lahar, menyumbat sungai.," terang dia.

Arifin menambahkan, jika terjadi hujan, tumpahan lahar akan melebar dan kalau terjadi erupsi lagi sehingga dampaknya akan lebih luas.

"Maka dari itu, statusnya ditetapkan menjadi level III. Ke depannya juga kami minta, untuk daerah-daerah yang sudah terpetakan, dan petanya sudah keluar dan bisa digunakan, agar menjadi perhatian masyarakat untuk tidak berkegiatan pada radius-radius yang telah diindikasi di dalam peta," pungkas Arifin Tasrif.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perintah Jokowi, Penanganan Erupsi Gunung Semeru Harus Cepat


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading