Mantap! UNESCO Tetapkan Gamelan RI Jadi Warisan Budaya Dunia

News - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 December 2021 14:40
Siswa Sekolah di Bagnolet Paris sangat menggemari gamelan Jawa dan Wayang Kulit. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - UNESCO, organisasi di bawah Perserikatan Bang-Bangsa yang menangani bidang pendidikan, keilmuan, dan budaya, secara secara resmi telah memasukkan gamelan ke dalam daftar warisan budaya dunia atau Intangible Cultural Heritage.

Penetapan dilakukan saat sesi ke-16 Intergovernmental Committee for Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis, pada Rabu (15/12/2021).

Mengutip unggahan Instagram resmi @seasia.co, UNESCO mengakui nilai filosofis gamelan sebagai media ekspresi budaya dan membangun hubungan antara manusia dan alam semesta.


Gamelan merupakan salah satu bentuk musik tradisional yang sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, seperti Bali, Madura dan Lombok. Istilah gamelan Jawa umumnya mengacu pada gamelan di Jawa Tengah.

Disinyalir, alat musik gamelan sudah ada sejak tahun 404 SM, yang terlihat dari relief candi Borobudur dan Prambanan.

Gamelan tidak hanya dimainkan untuk pertunjukan seni, tetapi juga dimainkan untuk berbagai kegiatan adat dan upacara keagamaan.

UNESCO juga mengakui bahwa gamelan yang dimainkan dalam orkestra mengajarkan nilai-nilai saling menghormati dan kasih sayang.

Selain gamelan, Indonesia sebelumnya juga telah berhasil mencatatkan 11 Warisan Budaya Dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Beberapa di antaranya yaitu Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), Noken (2012), Tiga Genre Tari Bali (2015), Kapal Pinisi (2017), Tradisi Pencak Silat (2019), dan Pantun (2020).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tahun Ini Tak Ada Konser Musik, Event Organizer Pilih Tiarap!


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading