Sri Mulyani: Dalam 1,5 Tahun, PDB RI Balik ke Level Pre-Covid

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
15 December 2021 15:45
KTP Bakal Jadi NPWP, Ini Alasan Sri Mulyani

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati membeberkan progres pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19. Sri Mulyani mengatakan bahwa perekonomian Indonesia mampu untuk cepat pulih dan kembali ke masa sebelum pandemi.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut bahwa Indonesia mampu kembali ke masa pra pandemi Covid-19 hanya dalam waktu 1,5 tahun. Ini merupakan kemajuan yang jauh lebih cepat dibandingkan krisis moneter pada tahun 1997-1998 lalu yang memakan waktu hingga 4 tahun.

"Untuk Covid ini Alhamdulillah dengan resiliensi sektor keuangan dan dunia usaha serta kebijakan pemerintah yang responsif, dalam 1,5 tahun kita mampu kembali kepada pre-covid GDP level. Ini sesuatu yang patut kita syukuri," ujarnya dalam acara Working Lunch G20, Rabu (15/12/2021).


Selain itu, dia juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus membantu pemulihan ekonomi Indonesia selama pandemi melalui instrumen APBN dan juga kebijakan fiskal. 

"Kami akan dukung ini dengan APBN dari segi fiskal dan kami di tahun 2021 yang tinggal 15 hari lagi. Kita harap ekonomi akan pulih kuat dan APBN kita mulai sehat sehingga di 2022 kita harap pemulihan makin terakselerasi dan APBN mampu terkonsolidasi secara bertahap," katanya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga berharap bahwa masa presidensi RI di forum G20 juga mampu menjadi arena untuk menunjukkan kemampuan Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 kepada masyarakat global.

"Kita harap ini jadi optimisme dan sinergi sehingga RI tidak hanya sukses jadi tuan rumah dan presidensi G20 namun juga sukses menunjukkan showcase Indonesia economic recovery dan penanganan Covid-19 yang baik," tambahnya.

 

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Bentuk Komite Audit PNS


(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading