Internasional

Makin Panas! China Serang Balik AS Boikot Olimpiade Beijing

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 December 2021 17:15
Chinese and U.S. flags flutter near The Bund, before U.S. trade delegation meet their Chinese counterparts for talks in Shanghai, China July 30, 2019.  REUTERS/Aly Song

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) resmi mengumumkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Nantinya semua perwakilan diplomatik resmi tidak akan dikirimkan menghadiri perhelatan tersebut kecuali atlet yang bertanding.

Menanggapi hal ini, China memperingatkan AS bahwa olimpiade bukanlah panggung untuk pertunjukan dan manipulasi politik.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa Olimpiade Musim Dingin Beijing dan Paralimpiade adalah pertemuan untuk semua atlet dan pecinta olahraga musim dingin di seluruh dunia. Merekalah yang seharusnya menjadi sorotan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, Selasa (7/12/2021), dikutip dari Bloomberg.


"Jika AS bertekad untuk memiliki caranya sendiri, China akan mengambil tindakan balasan yang tegas," tambahnya.

AS memboikot atas isu pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dituduhkan ke China. Negeri Xi Jinping disebut AS telah melakukan serangkaian aksi keji hingga genosida ke etnis Muslim, salah satunya Uighur, di Xinjiang.

"Pemerintahan Presiden Joe Biden tidak akan mengirim perwakilan diplomatik atau resmi ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022 mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan China yang sedang berlangsung di Xinjiang dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya," tegas Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam konferensi pers Senin (6/12/2021) lalu.

Olimpiade Beijing 2022 rencananya diselenggarakan 4 hingga 20 Februari 2022. Isu boikot sudah bergulir sejak bulan lalu, di mana AS ingin menunjukkan sikapnya ke tudingan pelanggaran HAM yang terjadi, bahkan diutarakan sendiri oleh Biden.

Selain AS, Jepang juga memiliki rencana yang sama. Asahi Shimbun juga melaporkan bahwa anggota konservatif dari partai yang berkuasa di Jepang akan menekan Perdana Menteri Fumio Kishida untuk secara diplomatis memboikot Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Hubungan AS dan China sendiri masih panas meski pemerintahan AS berganti dari Donald Trump ke Biden. Pekan lalu Biden juga memberikan sanksi ke perusahaan China, termasuk teknologi, terkait keterkaitannya dengan militer Tirai Bambu dan keamanan nasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tekan Lonjakan Varian Delta, Transportasi ke Beijing Disetop


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading