Internasional

Kabar CDC AS: Covid RI Level 1, Singapura-Malaysia Level 4!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 December 2021 14:32
Ilustrasi Covid-19 (Photo by CDC on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS) merilis Rekomendasi Perjalanan di tengah pandemi Covid-19 berdasarkan tujuan, Senin (6/12/2021). Dalam daftar tersebut, setidaknya ada lima kategori.

Kategori tersebut adalah Level 4 (Covid-19 Sangat Tinggi), Level 3 (Tinggi Covid-19), Level 2 (Covid-19 Sedang), dan Level 1 (Covid-19 Rendah), serta Level Tidak Diketahui (Covid-19 Tidak Diketahui).

Di antara negara-negara ASEAN lain, hanya Indonesia masuk ke dalam Level 1 (Covid-19 Rendah). Itu artinya pelancong yang sudah divaksin lengkap dapat bepergian ke Negeri Paman Sam.


Dua negara tetangga RI, seperti Malaysia dan Singapura masuk dalam Level 4 (Covid-19 Sangat Tinggi). Ini akibat munculnya kasus infeksi virus corona varian baru Omicron di kedua negara tersebut.

Brunei Darussalam dan Myanmar (Burma) juga masuk ke dalam daftar yang sama dengan Malaysia dan Singapura meski belum ada kasus infeksi omicron yang tercatat.

Laos, Filipina, Thailand, dan Vietnam masuk ke dalam kategori Level 3 (Tinggi Covid-19). CDC menyarankan pelancong harus divaksinasi lengkap dan melarang pelancong yang belum divaksinasi untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke negara-negara terkait.

Sementara negara Kamboja masuk Level Tidak Diketahui (Covid-19 Tidak Diketahui). CDC menyarankan pelancong untuk menghindari bepergian ke destinasi tersebut. Jika terpaksa, pelancong harus sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian.

Rekomendasi CDC AS terbaru ini muncul setelah adanya varian baru omicron yang menyerang banyak negara. Dalam penelitian terbaru, varian baru omicron dikatakan lebih tinggi dari varian yang sudah ada.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga secara resmi memasukkan Omicron menjadi variant of concern. Omicron dilaporkan memiliki lebih banyak strain atau mutasi dibandingkan varian Alpha, Beta dan Delta dan dianggap sangat menular. Tercatat, ada 32 mutasi protein lonjakan yang dibawa varian itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Omicron Merajalela di AS, Menginfeksi 15 Negara Bagian


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading