Internasional

Ini Jurus Baru AS Lawan Covid saat Kasus Tembus 1 Juta/Hari

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
12 January 2022 15:05
Masked and unmasked pedestrians walk across Las Vegas Boulevard, Tuesday, April 27, 2021, in Las Vegas. The Centers for Disease Control and Prevention eased its guidelines Tuesday on the wearing of masks outdoors, saying fully vaccinated Americans don't need to cover their faces anymore unless they are in a big crowd of strangers. (AP Photo/John Locher)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengambil langkah-langkah terbaru untuk memberikan proteksi tambahan bagi warganya dari Covid-19. Melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (CDC) negara adidaya itu akan memberikan informasi soal tingkat proteksi masker.

Mengutip CNN International, seorang pejabat CDC menyebut situs resmi badan itu nantinya akan memberikan penjabaran jelas mengenai jenis masker dan juga kemampuan proteksinya. Ini untuk mendorong warga agar mau mengenakan masker di tempat umum.


"CDC terus merekomendasikan bahwa masker apa pun lebih baik daripada tidak menggunakan masker. Pembaruan diharapkan dilakukan akhir minggu ini," ujarnya dikutip Rabu, (12/1/2022).

Sejauh ini, badan itu merekomendasikan hanya masker kain tiga lapis. Namun para ahli menyebut hal itu tidaklah cukup mengingat penularan Varian Omicron yang semakin masif.

Sementara itu, langkah ini sendiri diambil ketika AS mengalami lonjakan kasus yang sangat signifikan. Pada Senin, (10/1/2022), Negeri Paman Sam melaporkan 1,35 juta infeksi baru.

Ini merupakan rekor tertinggi di AS sekaligus di dunia. Selain itu, rata-rata tujuh hari untuk kasus baru di AS meningkat tiga kali lipat dalam dua minggu terakhir menjadi lebih dari 700 ribu infeksi baru sehari.

CDC mengatakan gelombang infeksi yang sangat besar ini dimotori penularan Varian Omicron. Pada awal bulan ini, varian Covid dengan 32 mutasi itu berkontribusi sebanyak 95% dari total infeksi nasional.

Hingga saat ini, AS masih menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Total AS melaporkan 62,4 juta kasus infeksi virus itu dengan 841 ribu kematian sejak Covid-19 memasuki wilayahnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Omicron Merajalela di AS, Menginfeksi 15 Negara Bagian


(tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading