Kadin Dukung Pemerintah Raih Investasi Rp1.200 T di 2022

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
05 December 2021 13:05
TONY WENAS Freeport Indonesia (detikFoto/Rachman Haryanto) Foto: Tony Wenas (Dokumentasi www.detik.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tahun 2021 di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, telah berakhir. Menyongsong tahun 2022, sejumlah program telah disiapkan oleh Wakil Ketua Umum Bidang Investasi Kadin Indonesia Tony Wenas.

Dalam perbincangan dengan CNBC Indonesia, Sabtu (4/12/2021), Tony menjelaskan program utama Kadin Bidang Investasi adalah mendukung target realisasi investasi Rp 1.200 triliun yang dibebankan kepada Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Jadi memang program kami adalah bagaimana caranya mencapai Rp 1.200 triliun tahun 2022," ujar Tony.

Namun, menurut dia, yang berbeda dengan Kementerian Investasi/BKPM, Kadin Bidang Investasi melihat target itu dari para pelaku usaha di sektor swasta. Mulai dari aspek perencanaan, pengendalian, promosi, sistem perizinan (Online Single Submission/OSS), dan iklim investasi.

"Supaya (target realisasi investasi) Rp 1.200 triliun itu bisa tercapai," kata Tony.

Selain itu, lanjut dia, Kadin juga mendapat tugas menyelenggarakan B20, sebuah perhelatan yang melibatkan pelaku usaha dari negara-negara G20. Tony akan bertindak sebagai ketua pelaksana.

"Itu menjadi program kerja kami juga bahwa di tahun 2022 itu melaksanakan B20 dengan harapan juga akan lebih banyak investasi bisa kita undang masuk ke Indonesia. Supaya (target realisasi investasi) Rp 1.200 triliun itu bisa tercapai dan itu kan terdiri dari apakah investasi asing, investasi domestik juga dan investasi daerah," ujar Tony.

"Jadi kami betul-betul dalam hal ini bekerja sama erat dengan Kementerian Investasi/BKPM, dengan Pak Bahlil dan timnya, untuk bisa mencapai (target realisasi investasi) Rp 1.200 triliun. Kira-kira itu yang akan kita konsentrasikan di Kadin Bidang Investasi," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos PTFI: Papua Dapat Pajak Daerah Rp8 T/Tahun dari Freeport


(miq/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading