Internasional

Duh! Tambah Lagi Daftar Negara Kemasukan Omicron: Chile

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 December 2021 11:29
Ilustrasi Omicron sars-CoV-2. (REUTERS/DADO RUVIC)

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian Covid-19 Omicron kian menyebar ke berbagai negara. Terbaru, otoritas kesehatan Chile mengonfirmasi adanya kasus positif varian Omicron pertama di negara tersebut.

Menurut pemerintah Chile, kasus pertama Omicronditemukan pada seseorang yang tiba di negara penghasil tembaga di Amerika Selatan dari Ghana. Ia tiba di negara itu pada 25 November dengan tes Covid-19 negatif yang baru saja diambil tetapi positif di tes berikutnya.


"Penumpang, yang mendapat dua dosis vaksin Pfizer, saat ini dalam keadaan sehat dan memenuhi isolasinya," kata sekretaris kesehatan wilayah Valparaiso dalam sebuah pernyataan.

Ini menambah daftar negara-negara di kawasan Amerika Latin yang terinfeksi varian baru virus corona itu setelah Brasil dan Meksiko. Selain itu, Jepang juga menemukan varian tersebut pada seorang penumpang yang datang dari Peru.

Varian yang membawa 32 mutasi ini telah terdeteksi di negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), Nigeria, Kanada, Portugal, Jerman, Belanda, Portugal, Arab Saudi, Australia, Hong Kong, Belgia, Perancis dan Malaysia. Varian Omicron sendiri telah dimasukkan sebagai 'variant of concern' oleh WHO.

Varian itu awalnya merebak luas di Botswana dan Afrika Selatan. Hingga saat ini, WHO masih melakukan penelitian lanjutan mengenai virus itu, terutama mengenai kemampuan virus itu dalam melawan imun yang dibuat oleh vaksin Covid-19 biasa.


[Gambas:Video CNBC]

(sys/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading