Internasional

Mantap! Malaysia Bakal Punya Gedung Tertinggi Kedua Dunia

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
03 December 2021 18:39
Commuters waiting for Mass Rapid Transit train at a station in Kuala Lumpur, Malaysia, on Monday, May 4, 2020. Many business sectors reopened Monday in some parts of Malaysia since a partial virus lockdown began March 18. (AP Photo/Vincent Thian)

Jakarta, CNBC Indonesia - Malaysia sebentar lagi akan memiliki menara pencakar langit setinggi 678,9 meter. Bahkan gedung itu akan menjadi gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.

Mengutip CNN, proses pengerjaan menara yang dinamakan Merdeka 118 itu sudah sampai tahapan puncak menara pada Selasa, (30/11/2021). Gedung ini ditargetkan akan rampung pada tahun depan.

"Ini bukan hanya pencapaian besar di bidang teknik. Tapi itu juga semakin memperkuat posisi Malaysia sebagai negara modern dan maju," ujar Perdana Menteri (PM) Negeri Jiran itu, Ismail Sabri Yaakob.


Gedung ini sendiri digarap oleh perusahaan arsitektur Australia, Fender Katsalidis. Perusahaan itu mengaku bahwa banyak motif gedung ini terinspirasi dari kebudayaan lokal Malaysia.

"Desainnya juga secara simbolis (mewakili) campuran budaya yang kaya yang mendefinisikan orang-orang di negara itu," kata perusahaan itu dalam siaran pers.

Terletak di bagian bersejarah Kuala Lumpur, gedung pencakar langit ini menghadap langsung ke Stadion Merdeka, Kuala Lumpur. Lokasi itu merupakan tempat mantan pemimpin Tuanku Abdul Rahman mendeklarasikan kemerdekaan Malaysia pada tahun 1957. PM Ismail menambahkan bahwa desain pahatan gedung itu sangatlah menggambarkan semangat kemerdekaan.

"Design itu mencerminkan citra Tuanku Abdul Rahman yang terkenal mengangkat tangannya untuk berteriak 'merdeka!' lebih dari enam dekade lalu," tambahnya.

Sementara itu, lebih dari setengah bagian menara itu akan ditawarkan sebagai kantor. Selain kantor, menara ini juga akan menampung mal, masjid, hotel Park Hyatt, dan dek observasi tertinggi di Asia Tenggara. Untuk di bawahnya, akan dibangun juga taman seluas empat hektar yang ditargetkan akan menjadi ruang terbuka hijau.


[Gambas:Video CNBC]

(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading