Siap-Siap! Kenaikan Tarif Cukai Rokok Bakal Diketok

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 December 2021 20:30
Danil penjaga toko tembakau melinting rokok tembakau di ruko kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat, 24/9. Penjualan rokok linting kini semakin diminati masyarakat, tidak hanya kalangan tua, tetapi juga oleh anak muda. Geliat rokok linting atau linting dewe (tingwe) yang dulunya dianggap lama, sekarang dapat bersaing dengan eksistensi rokok elektrik (vape). Danil mengatakan usaha menjual tembakau ini mulai sejak 2017 di Depok.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan mengumumkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok pekan depan. Tarif CHT 2022 dipastikan naik seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pengumuman akan dilakukan setelah melaporkan tarif kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlebih dahulu.

"Cukai rokok akan diputus dan diumumkan sesudah ratas (rapat terbatas). Ratas dilakukan minggu depan," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (1/12/2021).


Kemudian untuk tarif cukainya, ia menyebutkan sedang difinalkan oleh Menteri Keuangan. Namun, ia membocorkan besaran kenaikan tarifnya tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini.

Meski tidak menjelaskan secara detail, tapi ia memberikan bocoran bahwa tarif cukai tahun depan bervariasi. Ada single dan double digit.

"Masih dikaji. Berdasarkan berbagai usulan mix (tarifnya), ada yang double ada yang single digit," kata dia.

Ia menekankan dalam penyusunan tarif cukai rokok ini pihaknya mempertimbangkan berbagai aspek. Baik dampak untuk industri dan petani tembakaunya hingga ke penerimaan negara.

Sebab, pemerintah tidak ingin naiknya tarif cukai rokok menyebabkan kenaikan peredaran rokok ilegal di masyarakat.

"Kita jaga kenaikan cukai tidak menyebabkan naiknya rokok ilegal," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading